Beranda Bisnis BMI dan Muamalat Institute Dukung ISEF Kenalkan Ekonomi Syariah kepada Anak

BMI dan Muamalat Institute Dukung ISEF Kenalkan Ekonomi Syariah kepada Anak

Kegiatan ISEF di Jakarta. (IST)

JAKARTA -Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke 10 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 25-29 Oktober 2023. Kolaborasi antara Bank Indonesia dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Muamalat Institute, Cordoba Kids dan Diamond turut berpartisipasi dalam acara ISEF. Wujud nyata yang diberikan yaitu dukungannya untuk kegiatan perlombaan menggambar, mewarnai dan fashion show anak untuk memberikan pengalaman dan wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman mereka tentang ekonomi syariah.

Muamalat Institute memahami pentingnya mendukung kegiatan yang mempromosikan pemahaman tentang Islam dan mendorong pertumbuhan generasi muda yang memiliki pemahaman yang kuat tentang agama dan nilai-nilai moral ekonomi syariah. Oleh karena itu, mendukung acara ISEF yang bertujuan sebagai sarana edukasi yang diharapkan dapat mencetak para siswa yang unggul dan berprestasi di bidang kreatif ekonomi syariah.

Perlombaan yang diadakan yaitu menggambar, mewarnai dan fashion show dengan antusiasme sangat tinggi dengan jumlah peserta pendaftar sebanyak 151 anak dan total peserta yang hadir sebanyak 83 (menggambar 19 anak, mewarnai 48 anak dan fashion show 16 anak) dengan rentang usia 4-10 tahun. Lomba menggambar dan mewarnai dilaksanakan dengan tema kebaikan untuk semua dan sub tema yaitu menabung di bank syariah, makanan halal, dan zakat, infaq, dan sedekah. Dilanjutkan dengan lomba fashion show anak dengan tema Cheerful Wear: Make People Happy. Peserta menggunakan pakaian yang unik dan berlenggok di panggung stage talkshow sharia fair. Acara dilanjutkan dengan dongeng “Nabiku, Superheroku” oleh Ustadz Kak Cahyo. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba.

PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute juga menyumbangkan sumber daya dan dukungan untuk memastikan kesuksesan acara ini. PT Bank Muamalat Indonesia juga membuka booth untuk pembukaan rekening. Hal ini akan membantu masyarakat untuk mengenal lebih dekat prinsip-prinsip ekonomi syariah dan mengambil langkah nyata dalam mempraktikkannya. Booth ini juga dapat memberikan edukasi lebih lanjut kepada masyarakat tentang berbagai produk dan layanan keuangan syariah yang tersedia, serta bagaimana mereka dapat mengintegrasikannya dalam kehidupan finansial mereka. Ini adalah peluang untuk mulai membangun dasar yang kuat dalam hal keuangan syariah.

Anton Hendrianto dalam kesempatan ini menyatakan “ISEF adalah wadah untuk mendorong generasi muda kita dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi syariah. Kita melihat peserta dari berbagai latar belakang menunjukkan bakat dan keterampilan mereka dalam lomba fashion show, mewarnai, dan menggambar. Dalam acara ini, kita juga ingin mengajarkan kepada anak-anak kita tentang keadilan, kerja keras, dan etika dalam segala hal yang kita lakukan. Ini adalah nilai-nilai yang sangat penting dalam ekonomi syariah, dan kita berharap bahwa para peserta akan membawa pesan ini pulang ke sekolah dan lingkungan mereka. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam kesuksesan ISEF tahun ini, termasuk panitia, sponsor, guru, dan orang tua yang telah mendukung peserta. Terima kasih juga kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba ini. Kami berkomitmen untuk mendukung acara ISEF”.

Dengan memberikan dukungan berkelanjutan bagi acara ISEF, ia berharap bahwa kompetisi ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terlibat secara lebih aktif dalam memahami prinsip-prinsip keuangan syariah. “Kami berharap bahwa melalui dukungan yang berkelanjutan, kita dapat melahirkan generasi muda yang tidak hanya paham, tetapi juga berkomitmen untuk mempraktikkan keuangan syariah dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Mereka akan menjadi pemimpin masa depan yang membawa perubahan positif dalam dunia ekonomi dan keuangan yang lebih sesuai dengan nilai-nilai syariah,” ujarnya.

Dukungan berkelanjutan ini juga mencakup pelatihan, seminar, dan program pendidikan yang akan membantu para pemuda untuk memahami lebih dalam prinsip-prinsip keuangan syariah. Dengan cara ini, mereka tidak hanya akan menjadi peserta dalam kompetisi, tetapi juga agen perubahan yang aktif dalam menerapkan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kedepannya PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui program-program Link and Match Kampus dan Industri seperti Muamalat Enlightenment Campaign Program (MINTERIN), Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO), Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR), Muamalat Institute Movement Entrepreneur Incubator (MIMPI) hingga Dosen Tamu. Melalui program tersebut diharapkan mahasiswa dapat menjadi prime mover (penggerak utama) dalam inklusi produk dan layanan keuangan syariah. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini