Beranda Pemerintahan BKPSDM Pandeglang Tunggu Jadwal Seleksi PPPK dari Menpan-RB

BKPSDM Pandeglang Tunggu Jadwal Seleksi PPPK dari Menpan-RB

Mohammad Amri, Kepala BKPSDM Banten. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pandeglang hingga saat ini masih menunggu kabar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait jadwal seleksi tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Kepala BKPSDM Kabupaten Pandeglang, Moh Amri mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan tahapan pendaftaran dan seleksi administrasi pelamar PPPK, namun untuk jadwal seleksi pihaknya masih belum bisa memberikan informasi lantaran belum ada kabar dari Kemenpan-RB.

“Belum. Ini kami juga masih menunggu kabarnya, sebetulnya kan ASN ini baik PNS maupun PPPK itu kan kewenangan pusat kami dari daerah hanya memfasilitasi. Memang untuk pendaftaran dan lainnya sudah selesai pengumuman yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) jadi tinggal menunggu jadwal tes dari pusat tapi sampai saat ini belum ada,” kata Amri saat dihubungi BantenNews.co.id, Senin (6/11/2023).

Amri mengaku dirinya sedang berada di BKPSDM Provinsi Banten untuk melakukan koordinasi tempat yang akan digunakan seleksi PPPK dan PNS. Sebab, biasanya untuk lokasi yang akan digunakan seleksi berada di wilayah kewenangan provinsi yang berada di daerah.

“Ini sedang koordinasi terkait tempat, tapi ternyata kami juga enggak bisa koordinasi itu (tempat) karena dari provinsi pun sedang menunggu jadwal kapan dan dimana tempatnya dari Menpan RB,” terangnya.

Ia menjelaskan, sesuai hasil seleksi administrasi yang dilakukan untuk formasi guru, yang memenuhi syarat ada sebanyak 1.225 orang dan formasi kesehatan yang memenuhi syarat ada sebanyak 873 orang sedangkan sisanya dinyatakan tidak memenuhi syarat dengan berbagai alasan.

“Yang TMS itu macam-macam bisa karena ijazah, ada yang masa kerjanya belum 2 tahun terus kalau guru ada yang belum masuk dapodik. Jadi macam-macam persyaratan yang ditolak sama sistem ya,” jelasnya.

Ia menyampaikan saat ini Bidang Mutasi dan Formasi dari BKPSDM Kabupaten Pandeglang sedang berada di Jakarta untuk bertemu dengan Kemenpan-RB. Ia berharap kepulangan perwakilan BKPSDM akan membawa kabar baik terkait jadwal seleksi.

“Ini bidang Formasi sekarang lagi ke Jakarta lima orang. Biasanya ini pulang bawa oleh-oleh kabar jadwal dan lokasi (seleksi), karena yang rapat semuanya orang Menpan-RB. Emang jadwal rapatnya bukan itu tapi penyusunan formasi tahun 2024,” ungkapnya.

Meski tidak ingin mendahului keputusan pemerintah pusat, namun dirinya berharap jadwal seleksi PPPK untuk tahun ini bisa dilakukan secepatnya dan tidak sampai di tahun 2024.

“Kalau keinginan kami jangan lewat tahun ini dan mudah-mudahan bulan ini, tapi kalau tempat terserah di sana (Kemenpan-RB), karena anggarannya ada di sana. Soalnya kalau kami yang mau tempatnya nanti harus menyediakan anggaran dan yang lainnya,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini