Beranda Advertorial BKPSDM Kabupaten Serang Apresiasi dan Tingkatkan Kualitas ASN Melalui Program Menyapa Pegawai

BKPSDM Kabupaten Serang Apresiasi dan Tingkatkan Kualitas ASN Melalui Program Menyapa Pegawai

Jahro, salah satu pegawai BKPSDM Kabupaten Serang mendapatkan apresiasi sebagai pegawai teladan. Pemberian apresiasi dilakukan setiap bulannya dengan mempertimbangkan kinerja dan kedisiplinan pegawai. Foto : BKSPDM Kabupaten Serang.

KAB. SERANG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satu pembaruan itu adalah program BKPSDM Menyapa Pegawai.

Program tersebut dilakukan setiap bulan baik secara daring ataupun luring. Dalam kegiatan itu, Kepala BKPSDM akan melakukan kunjungan ke tiga sampai empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendengarkan keluhan-keluhan dari ASN, mengetahui budaya kerja di masing-masing instansi, menyampaikan aturan-aturan kepegawaian terkini hingga memberikan apresiasi kepada pegawai teladan dan yang memasuki purna bakti.

Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan, program Menyapa Pegawai juga dilakukan secara online yakni dengan melakukan rapat melalui Zoom Meeting bersama 100 pegawai. Pertemuan luring itu dilakukan mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

Dalam satu jam pertama, BKPSDM akan memberikan materi atau informasi terkini terkait kepegawaian yang meliputi kesejahteraan, kedisiplinan, kinerja hingga mengurus pensiun pegawai.

“Lalu di situ terjadi dialog interaktif dari pegawai yang menanyakan misal ada masalah begini begitu bagaimana, dan langsung dijawab di situ. Kurang lebih waktunya dari jam 09.00 sampai jam 12.00. Satu bulan sekali dilakukan bisa di awal atau akhir bulan,” jelas Surtaman kepada BantenNews.co.id.

Berikutnya untuk meningkatkan pelayanan ASN, melalui program tersebut, BKPSDM mengapresiasi pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang memasuki masa purna bakti dan memberikan kejutan berupa kenaikan pangkat kepada pegawai yang berulang tahun.

Surtaman menyebutkan dengan adanya program itu, para pegawai merasa lebih diperhatikan dan tentunya hal itu juga memotivasi pegawai di Pemkab Serang untuk bekerja lebih baik.

“Misal ada guru yang di pelosok sedang mengajar, kita ketuk pintu memberikan selamat dan salam dari ibu Bupati Serang lalu diberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat jadi langsung SK kenaikan pangkat diberikan ke pegawai. Ini membuat pegawai tersebut terharu, lagi ngajar belum pernah seumur hidup didatangi BKPSDM dan membawakan ucapan ulang tahun dari Bupati Serang,” ujarnya.

Tak hanya pemberian SK kenaikan pangkat, tetapi BKPSDM juga akan langsung mendatangi instansi tempat ASN yang mendapatkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan itu dianugerahkan kepada ASN yang sudah bekerja sekurang-kurangnya 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun.

Tentunya ASN yang mendapatkan tanda kehormatan tersebut akan dilihat dari dedikasinya dalam menjalankan tugas, menunjukan tanggung jawab, kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan serta prestasi kerja sebagai abdi negara dan masyarakat.

“Termasuk pemberian penghargaan dari Presiden kan setiap tahun Presiden memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada sekitar 300 pegawai. Penghargaan itu diberikan kepada pegawai yang sudah mengabdi 10, 20, atau 30 tahun dan berperilaku baik serta disiplin kita bisa usulkan. Itu diberikan saat ulang tahun, kita datangi sampai unit kerja terkecil,” katanya.

Pemberian apresiasi dan teguran juga dilakukan setiap bulannya kepada ASN di BKPSDM Kabupaten Serang. Apresiasi diberikan kepada pegawai teladan yang memiliki tingkat kedisiplinan dan kinerja tinggi dengan tujuan dengan diberikannya penghargaan itu dapat memotivasi pegawai lainnya.

(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini