Beranda Pendidikan BJ Habibie Wafat, Pekerja Puspitek: Pusat Penelitian Ini Adalah Warisanya

BJ Habibie Wafat, Pekerja Puspitek: Pusat Penelitian Ini Adalah Warisanya

Pusat Penelitian Teknologi (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). (Ihya/bantennews)

 

TANGSEL – Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie telah tutup usia pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Namun begitu, meski Jasadnya telah tiada, warisan yang diberikan Presiden tersingkat tersebut sangat terasa dan bermanfaat bagi generasi selanjutnya.

Salah satunya warisannya itu adalah pembentukan Pusat Penelitian Teknologi (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Puspitek itu dibentuk pada tahun 1984 atas gagasan oleh presiden Habibie yang saat itu masih menjabat,” ungkap analis kebon botanik dan kebersihan lingkungan kawasan Puspitek, Dede Kusmawan kepada BantenNews.co.id, Kamis (12/9/2019).

Menurut penuturan Dede, waktu itu presiden Habibie menginginkan pembentukan Kebun Raya yang dibuat oleh anak bangsa, sebagai tandingan dari kebun raya Bogor yang dibuat oleh Belanda.

“Jadi Puspitek ini bukan hanya sebagai pusat penelitian teknologi saja, melainkan sebagai pelestarian pohon-pohon yang hampir punah. Makannya waktu itu Presiden Habibie membentuk kebon raya di Tangerang yang sekarang menjadi Puspitek ini,” tuturnya.

Atas kepergian mantan presiden BJ Habibie, Dede Kusmawan yang juga mewakili seluruh pekerja Puspitek sangat berduka sekaligus kagum atas jasa dan warisannya khususnya untuk Indonesia ini.

“Saya kira, kami di sini tidak bisa membalas jasa-jasa beliau. Beliau adalah orang yang cerdas dan peduli terhadap generasi bangsa untuk ke depannya, dibuktikkan dengan pembentukan Puspitek ini salah satunya, di samping dia juga yang menemukan mesin pesawat terbang. Jadi Intinya kita sangat berduka,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini