Beranda Bisnis Bisnis Online, Mursid Harus Turun Bukit Tiap Hari untuk ‘Ngecas’ HP

Bisnis Online, Mursid Harus Turun Bukit Tiap Hari untuk ‘Ngecas’ HP

Mursid asal Kampung Cemlaka yang masuk kawasan Baduy Luar menunjukkan akun Instagramnya untuk bisnis online - (Foto Qizink/BantenNews.co.id)

LEBAK – Mursid asal Kampung Cemlaka yang masuk kawasan Baduy Luar sudah lancar menggunakan ponsel.

Walau tak pernah mengenyam bangku sekolah, Mursid sudah mahir menggunakan ponsel untuk berkomunikasi dan menjalankan bisnis online.

Namun tantangan bisnis online yang digelutinya adalah tak ada listrik di kawasan  Baduy termasuk di Baduy Luar.

Setiap hari, ia pun turun bukit ke luar kawasan Baduy untuk mengisi daya ponselnya.

“Kalau ngecas HP  ke Ciboleger di sana ada tempat ngecas,” katanya, Sabtu (21/9/2019).

Bagi masyarakat Baduy Luar, penggunaan teknologi seperti ponsel tak termasuk yang dilarang.

Geliat penggunaan ponsel ini juga dimanfaatkan beberapa warga Baduy Luar untuk menjalankan bisnis online.

Mursid menggunakan aplikasi Instagram untuk berjualan aneka tenun dan produk Baduy lain seperti madu atau olehan jahe dan tas anyaman. Lewat akun pribadinya @baduymursid, ia sangat aktif mempromosikan berbagai produk khas Baduy.

Mursid menceritakan bahwa dirinya mulai manfaatkan handphone bermula saat dirinya keluar dari kawasan Baduy Dalam pada sekitar tahun 2010.

Untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari, ia jualan pisang dan gula aren. Di saat luang membuat aren, ia manfaatkan waktu untuk belajar menggunakan handphone dan sedikit-sedikit membaca melalui rekan-rekannya yang sudha terlebih dahulu mampu.

Begitu tahun 2015, ia mulai lancar menggunakan handhphone dan berinisiatif berjualan di media sosial seperti Facebook. Di samping itu, Mursid kenal dengan dunia luar dan ikut di berbagai pameran kerajinan khas Baduy.

“Bikin gula aren ini cape banget, siang ngambil kayu bakar, malam masak gula, terus beralih suka ikut pameran produk baduy mulai dari tenun, madu sama bandrek,” kata Mursid.

Karena orang Baduy Luar tak dilarang menggunakan kendaraan bermotor, Mursid lalu ikut pameran di berbagai daerah mulai dari Jakarta, Solo, Jogja bahkan sampai ke Makassar. Paling banyak, ia membawa tenun Baduy yang jadi ciri khas karena dibuat dari bahan alam. Ternyata produk khas Baduy banyak diminati.

Dari situ, ia kemudian berinisiatif menjual produk Baduy secara online di Instagram. Pengikutnya sekarang sudah sekitar 4.400-an dengan pemesan dari Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Bandung sampai Kalimantan. Bahkan, sesekali ada pemesan yang datang dari Brunai Darussalam.

“Di Instagram laku, dulu di Facebook yang pesan juga banyak khususnya yang dibuat dengan pewarna alam,” ujarnya, seraya menyebut jika ada pemesanan ia menggunakan jasa pengiriman barang dengan datang ke Rangkasbitung.

Meski sudah akrab dengan teknologi, Mursid mengaku tak meningggalkan aturan adat untuk bertani. Menurutnya, ciri orang Baduy adalah menggarap pertanian. Saban hari, ia pun mengurus pertanian bersama istrinya untuk menamam padi, jahe atau kencur.

“Nggak bisa ditinggalin itu mah, kalau sudah berkeluarga harus tani,” ucapnya, ayah satu anak ini. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini