Beranda Bisnis Bisnis Manis Roti Gambang, Sulis Raup Cuan Jutaan Rupiah Tiap Bulan

Bisnis Manis Roti Gambang, Sulis Raup Cuan Jutaan Rupiah Tiap Bulan

Roti gambang

TANGERANG – Pernah mendengar roti gambang? Ya, Roti ini sering disebut juga sebagai ganjel rel karena bentuknya kotak serupa bantalan rel. Warnanya yang cokelat didapat dari penggunaan gula merah dan kayu manis dengan ciri khas taburan wijen di atasnya.

Roti ini memiliki tekstur yang cenderung keras sehingga cukup seret saat ditelan. Karenanya kebanyakan masyarakat menikmati roti gambang dengan dicelup terlebih dahulu pada kopi atau teh hangat. Dengan begitu tekstur roti menjadi lebih lunak.

Ingin bernostalgia menikmati kue legendaris ini, sejumlah UMKM Kota Tangerang adalah produsennya. Salah satunya, Sulis (51) UMKM asal Ciledug dengan merek Dapoer Alkenz.

“Awalnya hanya hobi masakin anak-anak, lalu buatin teman dan keluarga. Menggunakan marketing mulut ke mulut, orderan hingga saat ini terus berdatangan,” kata Sulis dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

Mengemas dengan kemasan ekonomis, Sulis menjual produk roti gambangnya hanya Rp4 ribu. Dengan bisa request terkait kadar gulanya. Per hari Sulis bisa produksi roti gambang hingga 80 pcs.

“Selain roti gambang, saya juga produksi soes, puding, muffin, marble cake. Dengan omset rata-rata diatas Rp6 juta per bulannya,” katanya.

(Ril/Red)