Beranda Advertorial Bingung Soal Aturan Kependudukan, DP3AKKB Ajak Masyarakat Banten Ikut Dukcapil Menyapa

Bingung Soal Aturan Kependudukan, DP3AKKB Ajak Masyarakat Banten Ikut Dukcapil Menyapa

Pelayanan di Disdukcapil Kota Tangerang - (Foto Alwan/BantenNews.co.id)

SERANG – Bagi warga Banten yang masih bingung mengurus dokumen kependudukan atau soal aturan kependudukan, tak usah khawatir. Pasalnya, Direktorat Jendral (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian  Dalam Negeri (Kemendagri) membuka program Dukcapil menyapa.

Dimana, masyarakat bisa secara interaktif langsung berdialog dengan Ditjen Dukcapil melalui aplikasi zoom dan yotube Ditjen Dukcapil.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Kekuarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina mengungkapkan, kegiatan ini diselenggarakan rutin satu kali dalam sepekan. Dimana selain Dukcapil menyapa ada juga program interaktif Dukcapil Belajar.

“Untuk (Dukcapil Menyapa) itu hari Sabtu, kalau (Dukcapil) belajar itu hari Junat. Silahkan unyuk masyarakat yang ingin bertanya soal kependudukan. (Program) sifatnya interaktif, narasumbernya juga dari pusat, Kementerian dan (Ditjen) Dukcapil. Jadi warga bisa langsung berkonsultasi,” ungkap Nina, Kamis (16/6/2022).

Untuk program Dukcapil Belajar, lanjut Nina, lebih diperuntukkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menngurusi pelayanan kependudukan dan catatan sipil.

“(Materinya) lebih kepada aturan-aturan dan inovasinya. Seperti Permen (Peraturan Menteri, red) 73 soal nama dan hubungan dengan Permen sebelumnya, dimana pemberian nama harus sesuai kaidah kesopanan, agama. Jadi jangan asal memberikan nama seperti ‘buang bin sampah’ itu kan ngga cocok untuk (nama) seorang manusia,” katanya.

Menurut Nina, untuk Dukcapil Belajar ini lebih kepada bimbingan teknis (bintek) terkait produk hukum.

“Sepeti bintek sosialisasi produk hukum, pemutakhirannya dari Permen sevekumnya, hal-hal yang belum terakomodir diaturan sevelumnya bisa diakomodir diaturan yang baru,” ujarnya.(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini