Beranda Kesehatan BIN Banten Vaksinasi dan Bagi Sembako untuk Warga

BIN Banten Vaksinasi dan Bagi Sembako untuk Warga

Anggota BIN Banten memberikan bantuan untuk warga. (IST)

 

SERANG – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Banten melakukan vaksinasi dan pembagian sembako di delapan labupaten dan kota di Provinsi Banten.

Vaksinasi dilakukan dengan metode mendatangi rumah warga secara langsung sambil membagikan sembako untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala BIN Daerah Banten, Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa mengatakan vaksinasi dengan sistem door to door pada pekan ini dilakukan di empat titik yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Lebak.

“BIN bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Dinas Kabupaten/Kota menyelenggarakan Vaksin Door To Door, hal ini merupakan upaya kita bersama dalam mewujudkan herd immunity masyarakat Banten,” ujarnya di sela kegiatan vaksinasi di Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Minggu (25/7/2021).

Vaksinasi dengan menargetkan 1.000 sasaran bagi warga di empat kabupaten dan kota itu merupakan bagian dari upaya akselerasi dalam mewujudkan sinergitas dengan pemerintah, BIN, TNI dan Polri.

Selain melaksanakan vaksin, BIN juga membagikan sembako bagi masyarakat yang telah divaksin sebagai upaya penguatan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk kita yang ada di wilayah harus saling bersinergi untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan vaksin ini kepada masyarakat. Kami juga membagikan sembako agar masyarakat terbantu, walaupun jumlahnya tidak banyak, minimal bantuan sembako ini dapat meringankan beban masyarakat,” katanya.

Disampaikannya, vaksinasi ini akan terus berkelanjutan. Sebagaimana kata dia, sebelumnya BIN Banten juga sudah melakukan vaksinasi pelajar dan masyarakat di daerah Tangerang Raya.

“Kegiatan ini akan berkelanjutan, seperti contoh kita kemarin lakukan vaksinasi untuk Masyarakat, pelajar SMP dan SMA di Tangerang Raya, kita lakukan vaksinasi sampai mencapai hampir 3.000 yang kita vaksin,” terangnya.

Kepala Puskesmas Tunjung Teja Kabupaten Serang, Dedeh mengatakan kegiatan vaksinasi door to door yang dilakukan BIN Daerah Banten yaitu dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah sangat membantu.

BIN menyediakan sebanyak 200 vaksin untuk warga dan 50 vaksin untuk masyarakat yang berprofesi sebagai buruh.

“Kami dari Puskesmas ikut mendukung vaksinasi tersebut di mana hari ini seluruh vaksin telah terealisasikan atau habis. Dalam vaksinasi ini, kita terus tingkatkan prokes, agar dapat mencegah penularan Covid-19. Ini semua demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan aman,” jelasnya.

Sementara itu, Solihin salah satu warga Kecamatan Tunjung Teja mengatakan dengan adanya vaksinasi yang dilakukan door to door oleh BIN, ia tidak perlu repot antre di Puskesmas yang ada di Kota maupun Kecamatan.

“Jadi saya dan warga lainnya tidak repot-repot divaksin harus datang dan antre di Puskesmas yang ada di kota kecamatan, itupun belum tentu dapat antrean. Terus terang vaksin ini, bagi saya sangat dibutuhkan selain untuk kekebalan tubuh, juga dibutuhkan kartu vaksinnya, maklum saya pejuang nafkah pilot truk di Jakarta, kartu vaksin sangat diperlukan sebagai syarat perjalanan terutama di masa diberlakukanya PPKM Darurat sekarang ini,” katanya.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini