Beranda Opini Bijak dalam Bermedsos

Bijak dalam Bermedsos

Ilustrasi - foto istimewa wowkeren.com

Oleh: Habibah Auni, Mahasiswa Teknik Fisika UGM. Menjabat sebagai Redaktur di Gebrak Gorontalo

Menurut Gilardi (2016) dalam penelitiannya mengenai digital democracy, media sosial merupakan alat komunikasi yang mampu mewujudkan kebebasan berpendapat dan kebebasan berekspresi. Berbeda dengan media massa yang hanya membagikan berita, media sosial menjadi wadah untuk berbagi informasi dan meluapkan emosi pribadi. Dengan demikian, media sosial sangat mendukung pemenuhan hak dasar warga negara.

Kendati demikian, media sosial yang semestinya membantu masyarakat dalam memahami persoalan sosial-politik secara jernih, malah digunakan oleh sebagian kelompok untuk tujuan yang kurang baik (Sudibyo, 2016). Penyalahgunaan itu misalnya, untuk memproduksi konten-konten bermuatan hoaks, bersifat memecah belah persatuan, atau bahkan ujaran-ujaran kebencian.

Budiman dalam artikelnya yang berjudul Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial dan Pembentukan Opini Publik (2017), menyebutkan bahwa penyalahgunaan dalam bermedsos berdampak terhadap tiga hal, yakni: (1) kehebohan di masyarakat, (2) ketidakpastian informasi, dan (3) menciptakan ketakukan massa. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya penerapan aspek etika dalam bermedsos sangat mengancam persatuan bangsa.

Oleh karena itu, sudah seharusnya penggunaan media sosial dibarengi etika komunikasi yang baik. Media sosial seyogyanya dijadikan sebagai sarana untuk menyebarkan kebermanfaatan, menyampaikan pesan perdamaian, dan menjalin persaudaraan.

Menurut Mutiah dkk (2019), setidaknya terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan guna mewujudkan etika bermedsos yang baik, yakni: (1) tidak mengunggah konten dengan kata-kata yang kasar, provokatif, porno, ataupun SARA, (2) tidak memposting artikel yang terindikasi kuat memuat kebohongan, (3) tidak menyalin artikel atau gambar yang mempunyai hak cipta, dan (4) memberikan komentar yang relevan.

Sudah saatnya media sosial menempatkan proses dialog yang memberikan ruang komunikasi yang baik, tepat, dan jujur. Mari kita tunjukkan kepada dunia, bahwasanya kemajuan teknologi mencerminkan kemajuan berpikir Indonesia. Caranya, dengan bijak dalam bermedsos.

(***)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini