Beranda Bisnis BI Prediksi Pertumbuahan Ekonomi 2022 di Banten Capai 5,5 %

BI Prediksi Pertumbuahan Ekonomi 2022 di Banten Capai 5,5 %

Ilustrasi - foto istimewa infonews.id

SERANG – Bank Indonesia (BI) perwakilan Banten optimistis dengan prospek pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten di tahun 2022.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja menyampaikan bahwa momentum penguatan ekonomi Banten telah muncul sejak triwulan II 2021, ditandai dengan pertumbuhan positif untuk pertama kalinya sebesar 8,99% (year-on-year) dan dilanjutkan pada triwulan III 2021 sebesar 4,62% (year-on-year).

“Sejalan dengan arah dan prakiraan pertumbuhan ekonomi nasional, diprediksikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada 2022 berada di kisaran 5,0-5,5% (year-on-year). Sinergitas dan soliditas berbagai pemangku kepentingan menjadi kunci agar ekonomi Provinsi Banten dapat melompat lebih tinggi lagi,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima BantenNews.co.id, Senin (29/11/2021).

Untuk mencapai cita-cita pemulihan ekonomi pada tahun 2022, Erwin mencatat setidaknya terdapat 4 kunci pertumbuhan yang perlu diakselerasi secara konsisten, yaitu pertama memanfaatkan momentum productivity gain, kedua digital transformation and innovation di seluruh aspek, ketiga penguatan dukungan investasi dan ke empat mendorong peningkatan kompetensi SDM dan penguatan link and match sektor pendidikan dengan sektor industri.

Potensi pertumbuhan perekonomian tersebut harus didukung dengan kebijakan daerah, penyempurnaan regulasi yang menghambat, dan penguatan ekosistem inovasi yang kondusif. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini