Beranda Bisnis BI Banten Siapkan Rp4,57 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran

BI Banten Siapkan Rp4,57 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran

SERANG – Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyiapkan uang kartal senilai Rp4,57 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Jumlah ini meningkat 21% dibandingkan tahun 2023.

Kepala Perwakilan BI Banten Ameriza M. Moesa mengatakan, peningkatan kebutuhan uang tunai di Banten pada periode Ramadan dan Idul Fitri didorong oleh meningkatnya mobilitas masyarakat dan tradisi pemberian THR.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, BI Banten telah menyiapkan uang kartal yang cukup dengan kualitas yang baik dan layak edar,” kata Ameriza dalam acara kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 di halaman gedung BI Banten, Kota Serang, Selasa (19/3/2024).

BI Banten menyediakan dua layanan penukaran uang, yaitu melalui kas keliling BI dan loket bank. Layanan kas keliling BI Bersama Perbankan akan dilakukan di 12 titik dengan kuota 6.000 orang, dan layanan penukaran uang di loket bank di 199 titik.

Untuk menghindari kerumunan dan mempermudah akses masyarakat, BI telah mengembangkan aplikasi PINTAR. Masyarakat dapat memesan penukaran uang terlebih dahulu melalui aplikasi tersebut, memilih lokasi kas keliling, menginput data diri, dan mengisi jenis dan jumlah nominal penukaran.

Tahun ini, SERAMBI mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”. Selain layanan penukaran uang, BI Banten juga akan menggelar edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP) tematik Ramadan untuk mendorong masyarakat belanja bijak menggunakan Rupiah.

Sebagai wujud kolaborasi dengan local wisdom Banten, BI Banten juga menyelenggarakan Gerakan Ramadan Penuh Berkah (GERABAH). GERABAH akan menghadirkan bazar UMKM, pasar murah, dan kegiatan religi di Alun-Alun Kota Serang pada tanggal 5 April 2024.

“BI Banten mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan penukaran uang yang disediakan dengan bijak dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini