Beranda Bisnis BI Banten Buka Jasa Penukaran Uang, Ini Titik Lokasinya

BI Banten Buka Jasa Penukaran Uang, Ini Titik Lokasinya

Suasana Konferensi Pers di Gedung BI, Kota Serang, Jumat (17/5/2019).

SERANG – Dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah, Bank Indonesia siap melayani kebutuhan masyarakat dan menyiapkan strategi pemenuhan uang rupiah melalui kebijakan distribusi uang dan layanan kas yang prima.

Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erry P Suryanto mengatakan Bank Indonesia melakukan langkah-langkah untuk memperluas titik penukaran melalui kerjasama perbankan di titik keramaian, diantara mengintensifkan kerjasama dengan penyedia jasa transportasi, mengnimbau perbankan/PJPUR untuk mengoptimalkan pengolahan uang dan menjaga ketersediaan ATM dengan kualitas yang baik.

“Pelaksanaan penukaran bersama Bank Indonesia dengan 7 perbankan akan dilaksanakan di alun-alun Kota Serang pada tanggal 23,24,27,28 Mei dan di alun alun Kota Cilegon pada tanggal 27 dan 28 masing-masing pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung BI, Kota Serang, Jumat (17/5/2019).

Ery menjelaskan khusus untuk wilayah Provinsi Banten, terdapat lebih dari 100 titik penukaran, yaitu 44 titik penukaran yang dilakukan melalui kas keliling Bank Indonesia maupun penukaran bersama dengan perbankan, serta lebih dari 60 titik penukaran melalui kantor perbankan yang ditunjuk oleh masing-masing bank dengan waktu Layanan yang telah ditentukan maupun melalui kas keliling yang dilakukan oleh masing-masing bank.

“Pemberian layanan kepada masyarakat tersebut dilakukan dengan membuka kegiatan kas keliling di titik keramaian, kantor perbankan dan instansi lain termasuk di jalur mudik,” ujarnya.

Kemudian sinergi Bank Indonesia bersama 27 bank yang berkantor di wilayah Provinsi Banten, diharapkan dapat memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat secara lebih luas dan mudah dijangkau bagi masyarakat yang berada di wilayah Tangerang Raya, Kabupaten/ Kota Serang, Cilegon, Pandeglang dan Lebak.

Kebutuhan uang kartal secara nasional pada periode Ramadan/Idulfitri tahun ini diprakirakan sebesar Rp217,1 triliun atau tumbuh 13,5% (yoy) dibandingkan periode tahun lalu. Kenaikan ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada libur panjang serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta.

Kenaikan kebutuhan uang (outflow) pada periode tahun ini diprakirakan terjadi di seluruh satker kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp51,5 triliun. Adapun untuk provinsi Banten diprakirakan sebesar Rp2,56 triliun atau tumbuh 26% (yoy) dibandingkan periode tahun lalu dengan perkiraan kebutuhan penukaran masyarakat Rp. 21,340 miliar.

“Masyarakat yang memerlukan uang pecahan kecil dapat terlayani dengan baik maka untuk penukaran perorang dibatasi total Rp4 juta dengan komposisi Rp2 juta pecahan Rp10.000, Rp1 juta pecahan Rp5.000 dan Rp1 juta pecahan Rp2.000. Adapun untuk kebutuhan pecahan lain dilayani sesuai dengan persediaan. Selain penukaran bersama ini, terdapat penukaran mandiri yang dilakukan oleh KPwBI Provinsi Banten serta masing-masing perbankan sesuai kebutuhan nasabah masing-masing,” terangnya.

Dikatakan Ery, khusus Kaskel BI dilakukan pada lokasi-lokasi keramaian seperti pasar, lokasi pasar murah yang diadakan oleh Pemprov dan Pemda serta lokasi stakeholder tertentu. Dengan memperbanyak titik penukaran, Bank Indonesia mendorong masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang.

“Masyarakat diimbau agar selalu memperhatikan ciri keaslian rupiah dengan Dilihat, Diraba dan Diterawang serta cara merawat rupiah dengan 5 Jangan (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi),” terangnya.

Secara Nasional Bank Indonesia menyiapkan layanan penukaran uang di 2.900 titik penukaran di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) terhitung mulai dari tanggal 6 Mei s.d. 31 Mei 2019. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini