Beranda Kesehatan Besok, PMI Bantu Pemkot Cilegon Semprot Cairan Disinfektan di Sarana Publik

Besok, PMI Bantu Pemkot Cilegon Semprot Cairan Disinfektan di Sarana Publik

Ilustrasi cairan disinfektan. (envatoelements/joebelanger)

CILEGON – Pemkot Cilegon berencana akan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruang publik pada Selasa (24/3/2020) besok. Untuk merealisasikan pogram yang diharapkan masyarakat itu, Pemkot menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon.

Ketua PMI Kota Cilegon, Abdul Hakim Lubis mengatakan cairan disinfektan untuk mengantisipasi wabah virus corona atau covid-19 yang akan digunakan itu merupakan pengembangan dari 40 liter sari atau biang disinfektan yang diperoleh pihaknya melalui bantuan dari PT Asahimas Chemical.

“Jadi disaksikan tim dari Dinas Kesehatan dan BPOM, biang disinfektan itu kita campur dengan takaran setiap satu liter air, dia membutuhkan cairan 10 mili liter (biang disinfektan) itu. Jadi sesuai dengan petunjuk Walikota, 4.000 liter ini akan kita prioritaskan pada sarana-sarana publik, seperti Alun-alun, pasar, terminal, trotoar jalan dan termasuk di rumah sakit,” ujar Lubis kepada BantenNews.co.id, Senin (23/3/2020).





Mantan Sekretaris Daerah Kota Cilegon ini menambahkan, dalam praktiknya, penyemprotan dilakukan oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup itu serentak akan dikoordinir oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah ditentukan dengan dibantu relawan PMI.

“Cairan disinfektan itu kita distribusikan ke OPD-OPD. Ada OPD yang hanya kebagian 200 liter dan ada juga yang mendapat 500 liter, mereka bisa mengambil disinfektan lagi itu kalau ternyata dirasakan masih belum mencukupi untuk satu sarana publik. Karena kan kita belum bisa mengukur, seperti satu taman alun-alun itu akan menghabiskan berapa banyak cairan disinfektan,” terangnya.

Lebih jauh, Lubis juga mengajak perusahaan-perusahaan di Kota Cilegon untuk dapat turut berpartisipasi dalam upaya pemerintah daerah mencegah wabah virus corona.

“Bagi perusahaan-perusahaan yang memproduksi bahan-bahan untuk hand sanitizer atau pun bahan untuk produk disinfektan yang ingin ikut berpartisipasi, PMI siap mengolah dan mendistribusikannya untuk masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan penyemprotan cairan disinfektan itu rencananya akan dibarengi dengan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (dev/red)