Beranda Komunitas Besok, Komunitas BJS Gelar Festival Tradisional

Besok, Komunitas BJS Gelar Festival Tradisional

Wakil Walikota Serang terpilih Subadri Ushuludin menyerahkan penghargaan kepada sejumlah kalangan yang dinilai peduli pada pelestarian Bahasa Jawa Serang. (qizink/bantennews)

SERANG – Komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS) besok akan menggelar acara bertajuk Festival Tradisional di Gelanggang Remaja Ciceri, Kota Serang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan untuk menyambut HUT terbentuknya komunitas yang tahun ini memasuki usia 9 tahun.

Ovie, ketua panitia acara mengatakan bahwa selain untuk ajang silaturahmi para anggota komunitas, event ini juga untuk mengenalkan aneka kekayaan ragam budaya di Banten, baik dalam.bentuk bahasa, ragam pertunjukan, kuliner, dan permainan anak-anak atau dolanan.

“Acara ini terbuka untuk masyarakat umum, gratis,” ujarnya, Sabtu (16/11/2019).

Pria yang di medsos dikenal dengan akun ‘Rambo Banten’ ini menjelaskan,  mata acara untuk memeriahkan festival ini di antaranya adalah pertunjukan ubrug, qosidah dari Iqoba, pembacaan puisi berbahasa jawa serang, silat, pepetan wewe.

Untuk kuliner, panitia akan menampilkan ragam makanan kampung yang di antaranya sudah jarang dibuat atau makanan yang dibuat khusus untuk sebuah acara, misalnya sekul syekh dan sayur blohok yang biasanya untuk acara selametan, rangda kawudan, kue jenderal, dan sebagainya.

“Hadirin bisa menikmati semua makanan ini. Bahkan kita akan menggelar acara bacakan atau makan bersama dengan menu utama rabeg,” ujarnya.

Ovie mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya komunitas BJS dalam ikut melestarikan kebudayaan daerah. “Selain melestarikan bahasa jawa serang, komunitas BJS juga ingin seni pertunjukan dan kuliner daerah tetap mendapat tempat di masyarakat,” ungkapnya. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini