Beranda Nasional Besok, Kemenag Rencanakan Sidang Isbat Penetapan Lebaran 2021

Besok, Kemenag Rencanakan Sidang Isbat Penetapan Lebaran 2021

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

 

JAKARTA – Penetapan Lebaran 2021 atau Hari Raya Idul Fitri atau awal bulan Syawal 1442 H bakal ditentukan dalam sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag), yang rencananya dilakukan pada 11 Mei 2021 pekan ini.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat akan dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara daring maupun luring.

Lantaran masih pandemi COVID-19, lanjut dia, sidang isbat bakal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sehingga tidak semua perwakilan dapat hadir di kantor Kementerian Agama.

“Hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas,” jelasnya dikutip dari timesindonesia.co.id jaringan suara.com, Senin (10/5/2021).

Ia menambahkan, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), sebab peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” sambungnya.

Tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal. Nantinya, hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag RI. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini