Beranda Peristiwa Berprestasi di Asian Games 2018, Pencak Silat Bisa Jadi Tumpuan Hidup

Berprestasi di Asian Games 2018, Pencak Silat Bisa Jadi Tumpuan Hidup

Ketua IPSI Provinsi Banten Ajat Sudrajat menyampaikan sambutan pada Acara Serang Fair 2018

SERANG – Selain diisi dengan berbagai kegiatan yang mengandung unsur edukasi, hari keempat pelaksanaan Serang Fair 2018 diisi dengan kegiatan pagelaran pentas seni pencak silat kreasi di Panggung Utama.

Ketua IPSI Provinsi Banten Ajat Sudrajat dalam sambutanya mengatakan bahwa, masyarakat Banten mau belajar pencak silat, karena pencak silat juga dapat dijadikan harapan untuk masa depan.

“Ga perlu takut, minder, atau malu untuk belajar pencak silat. Karena pencak silat juga dapat dijadikan harapan untuk masa depan,” ujarnya, Minggu (2/9/2018).

Ajat juga menyampaikan bahwa, saat ini pencak silat sudah tidak seperti dulu lagi karena saat ini pencak silat sudah merambah di 40 Negara di Dunia. Bahkan sudah menjadi cabang olahraga andalan di Asian Games 2018 karena banyak menyabet medali emas.

“Pencak silat saat ini sudah merambah di 40 Negara di Dunia. Maka tidak perlu malu untuk belajar pencak silat, bila harus mau belajar pencak Silat ditempat tempat terbuka. Apa lagi saat ini di Banten pencak silat dijadikan salah satu Pelajaran Mulok muatan lokal di Sekolah-sekolah SD, SMP dan SMA dengan begitu pencak silat 5-10 tahun kedepan pasti akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Maka dengan begitu, lanjutnya, masyarakat Banten pada umumnya, khususnya kepada masyarakat Kota Serang dan Kota Cilegon agar tidak merasa malu, atau minder untuk belajar pencak silat.

“Sekarang pencak silat, sudah ada di Negara Korea, Jepang dan beberapa negara lainya. Maka harus bangga dan ga usah malu untuk belajar pencak silat,” jelasnya.

Ajat mengaku mengapresiasi kepada Pemkot Serang yang sudah melibatkan Pencak Silat dalam rangkaian Hut Kota Serang yang Ke-11 tahun.

“Terima kasih kepada Pemkot Serang yang sudah melibatkan para pesilat yang ada di Banten untuk ikut serta memeriahkan perayaan HUT Kota Serang ini. Semoga dengan dilibatkanya para pesilat dalam perayaan ini dapat membuat masyarakat Kota Serang mau belajar pencak silat,” ucapnya.

Ajat juga berharap, kepada pemerintah baik Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten yang ada di Provinsi Banten agar dapat lebih perhatian lagi terhadap kesenian dan budaya pencak silat yang ada di Banten.

Menurutnya, pencak silat merupakan salah satu warisan Budaya Bangsa Indonesia yang masih ada di Banten. (Dhe/Red)