Beranda Bisnis Berkah Ramadan, Pengrajin Kolang-kaling di Lebak Banjir Pesanan

Berkah Ramadan, Pengrajin Kolang-kaling di Lebak Banjir Pesanan

Anang saat menyiapkan buah aren yang akan dibuat kolang-kaling. (Foto: Sandi/Bantennews.co.id)
Anang saat menyiapkan buah aren yang akan dibuat kolang-kaling. (Foto: Sandi/Bantennews.co.id)

LEBAK – Pengrajin buah kolang-kaling di Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten mulai kebanjiran pesanan saat memasuki bulan suci Ramadan.

Buah yang kerap digunakan untuk pelengkap menu buka puasa itu bisa dikatakan meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Anang, salah seorang pengusaha kolang-kaling mengatakan, permintaan akan kolang-kaling di bulan Ramadan ini sangatlah meningkat dibanding bulan-bulan biasa.

“Kalau bulan-bulan biasa paling sehari kita memproduksi sekitar 20-50 kilogram saja, namun pada bulan puasa pemesanan meningkat, sehari bisa memproduksi 2 sampai 4 kuintal kolang-kaling untuk pesanan,” kata Anang saat ditemui di tempat pengolahan kolang-kaling, Jumat (24/3/2023).

Ia menjelaskan, sudah sejak lama dirinya bersama saudaranya menggeluti usaha kolang-kaling setiap bulan puasa. Dengan makin banyaknya pesanan di bulan puasa ini maka omzet juga bertambah.

“Alhamdulillah bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah bagi pengusaha kolang-kaling dimana saja,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk permintaan kolang-kaling saat ini memang masih tinggi karena awal Ramadan. “Biasa kalau awal puasa permintaan sangat tinggi,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini