Beranda Pemerintahan Berikan Pelayanan Maksimal Dinkes Lebak Rehab Puskesmas

Berikan Pelayanan Maksimal Dinkes Lebak Rehab Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Maman Sukirman

LEBAK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak tengah mengerjakan pembangunan rehabilitasi puskesmas di dua kecamatan yakni Kecamatan Sajira dan Citeras.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Maman Sukirman mengatakan tahun 2018 ini ada 2 puskesmas yang akan dirubah statusnya menjadi dengan tempat perawatan (DTP) yakni Puskesmas Sajira dan Citeras.

“Kita targetkan akhir tahun 2018 ini sudah selesai dan dapat digunakan,” kata Maman, Kamis (22/11/2018).





Maman menuturkan bahwa sejauh ini dari 42 Puskesmas di Kabupaten Lebak, 21 diantaranya sudah berstatus DTP. Hal tersebut dilakukan untuk menyukseskan program Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya Lebak Sehat 2019.

“Setiap tahunnya selalu ada minimal dua puskesmas yang kita sulap statusnya,” kata Maman.

Pemerintah daerah, sambung Maman terus meningkatkan kualitas pelayanan baik sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM) para tenaga medis.

Peningkatan puskesmas itu dapat mencegah rujukan warga ke Rumah Sakit melalui penggunaan peserta BPJS.

“Kami berharap puskesmas DTP itu dipastikan pelayanan kesehatan semakin baik, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat,” ujarnya

Peningkatan status Puskesmas DTP dapat menangani masalah penyakit dasar, seperti kecelakaan ringan, infeksi kulit, diare, gatal-gatal, sakit gigi, pusing, malaria, DBD, gigitan ular dan lainnya.

“Kami yakin, pembangunan puskesmas DTP itu juga dapat meningkatkan harapan usia hidup masyarakat melalui pengobatan medis,”pungkasnya. (Ali/Red)