Beranda Kesehatan Beri Makan Rusa dan Ikan Jadi Cara Pengelola Wisata Sosialisasikan Gerakan 3M

Beri Makan Rusa dan Ikan Jadi Cara Pengelola Wisata Sosialisasikan Gerakan 3M

435
0
Wisatawan menikmati panorama alam di Hotel Mutiara Carita yang berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

PANDEGLANG – Hotel Mutiara Carita yang berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang memiliki cara unik untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dan gerakan Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak pada para pengunjung. Edukasi itu diberikan pada pengunjung sambil memberikan makan ikan dan rusa.

Manager Marketing Mutiara Carita Cottages, Uding Saprudin mengatakan meski pandemi Corona, hotel selalu menerima pengunjung. Sebab menurutnya, Mutiara Carita memiliki perbedaan dengan hotel lain seperti ruang publik yang terbuka, jarak antara cottage satu dan yang lainnya berjauhan.

“Kami di Mutiara Carita pas (pengunjung dan pegawai) masuk selalu cek suhu di samping menggunakan masker, terus di setiap kamar dan areal publik disiapkan hand sanitizer,” kata Uding saat dihubungi BantenNews.co.id, Kamis (22/10/2020).



Selain memasang imbauan menggunakan masker di setiap sudut areal publik, dari pihak hotel mempunyai cara unik untuk memberikan edukasi pada pengunjung mematuhi protokol kesehatan dengan mengajak mereka memberi makan ikan dan rusa sambil disisipkan pengetahuan tentang protokol kesehatan.

“Kami di setiap pagi rutin memberikan edukasi protokol kesehatan sambil memberikan makan ikan, makan rusa. Jadi kami undang pengunjung untuk datang ke dermaga tapi harus tetap jaga jarak dan menggunakan masker,” bebernya.

Uding menegaskan, pihak hotel memberlakukan aturan yang tegas bagi pegawai dan pengunjung yang datang ke Mutiara Carita untuk mematuhi protokol kesehatan. Kata dia, apabila ada pegawai atau pengunjung yang tidak menggunakan masker saat memasuki areal hotel maka otomatis petugas di pintu masuk akan mempersilakan mereka untuk pulang kembali.

“Untuk pegawai jelas kalau engga pake masker kami suruh balik lagi, jadi di pintu masuk kami cek suhu dan harus pakai masker buat pegawai dan pengunjung. Kalau ada suhu tubuh yang melebihi batas dan yang tidak menggunakan masker kami suruh balik lagi ke tempat mereka,” tegasnya.

Namun apabila memang ditemukan ada pengunjung yang benar-benar lupa tidak menggunakan masker maka dari pihak hotel akan memberikan masker secara gratis pada pengunjung.

“Kalau ada yang tidak pakai masker biasanya dari hotel siapkan masker sebagai wujud penyuluhan untuk publik, tapi kami juga melihat kalau tidak bawa maskernya karena alasan yang logis seperti lupa kami berikan toleransi tapi kalau sengaja tidak bawa masker kami suruh balik lagi,” tutupnya. (Med/Red/SG)