Beranda Kesehatan Berhenti Merokok Saat Puasa, Ini Dampak Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Berhenti Merokok Saat Puasa, Ini Dampak Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi - foto istimewa restofocus.com

Rokok bukanlah benda yang baik karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Karena rokok, risiko berbagai penyakit seperti hipertensi menjadi meningkat.

Jangan keburu merasa kepalang tanggung terjerat efek nikotin. Selama ada niat, kamu pasti bisa lepas dari kecanduan rokok. Pelan-pelan saja, coba dengan melepas rokok selama seminggu. Ini saja sudah memberikan manfaat, loh!

“Oh iya, ada penelitiannya. Mulai dari tekanan darah turun, napas lebih lega, kemudian nadi akan turun, banyak efek kesehatan yang akan membaik setelah dia berhenti merokok,” jelas Dr. Erlang Samoedro, SpP, FISR, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dikutip dari detik.com.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen bulan puasa tahun ini untuk berhenti merokok. Tiap ingin merokok saat sahur atau buka puasa, tahan keinginan itu dan lakukan kegiatan lain yang bisa membantu memproduksi dopamin, zat yang bikin senang, misalnya berolahraga atau makan cokelat (asal jangan berlebihan).

“Seminggu saja ada manfaatnya apalagi satu bulan ya dia berhenti merokok. Tapi jangan buka puasa langsung ngerokok ya,” canda dr Erlang. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini