Beranda Peristiwa Berharap Proyek di PT Lotte Chemical, Pengusaha Lokal Cilegon ‘Ngadu’ ke Plt...

Berharap Proyek di PT Lotte Chemical, Pengusaha Lokal Cilegon ‘Ngadu’ ke Plt Walikota

Forum Lintas Profesi (Flag) melakukan pertemuan dengan Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi di Ruang Rapat Walikota, Senin (17/12/2018)

CILEGON – Forum Lintas Profesi (Flap) melakukan pertemuan dengan Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi di Ruang Rapat Walikota, Senin (17/12/2018). Dalam rapat tersebut organisasi para pengusaha lokal itu meminta Pemkot untuk memfasilitasi peluang usaha para pengusaha di PT Lotte Chemical Indonesia.

Dimana diketahui PT Lotte Chemical Indonesia resmi melakukan Ground Breaking membangun perusahaan kimia di Kota Cilegon dengan nilai investasi sekitar Rp55 triliun.

Presiden Flap, Habibudin menyatakan bahwa pihaknya mengajak Pemkot Cilegon karena pemerintah mempunyai fungsi sebagai penyeleleksi legalitas formal perusahaan.





Sebab berdasarkan pengalaman perusahaan asal Korea Selatan seperti PT Krakatau Posco banyak memboyong perusahaan asal Korea. Sementara perusahaan lokal sulit masuk untuk menjadi mitra kerja.

Selain itu, perusahaan asal Korea Selatan juga ternyata kualitasnya tak sebagus yang dibayangkan.

“Waktu pengalaman PT Krakatau Posco, itu banyak pengusaha Korea Selatan yang kualitasnya jelek, tapi dianggap bagus saja. Terus banyak yang kabur. Sehingga kita sulit menagihnya bila seperti itu, ada yang ratusan juta bahkan miliaran rupiah,” ungkapnya.

Sebab itu pihaknya menggandeng Pemkot Cilegon supaya perusahaan luar yang masuk ke Cilegon bisa lebih terseleksi.

“Melalui pemerintah mudah-mudahan bisa difasilitasi masuk di PT Lotte Chemical. Kalau secara pribadi mungkin saya bisa, melalui unsur kedekatan, tapi kan ini melalui organisasi semua pengusaha perlu terakomodir dan terfasilitasi,” ujarnya.

“Pemerintah ini nanti mempunyai tugas menyeleksi legalitas formal perusahaan luar itu. Makanya harus bermitra dengan pemerintah, ya karena berdasarkan pengalaman di PT Krakatau Posco itu,” lanjutnya.

Dikatakan bahwa pada organisasi Flap terdapat 21 pengusaha dari berbagai asosiasi seperti Hipmi, Ginsi, Alfi, Gapensi, Aspekindo, Kadin dan lain sebagainya.

“Kita ini multi sektor dan hampir semua bidang ada. Dan Flap ini bukan untuk menyaingi atau bersinggungan dengan organisasi lain. Toh kita juga tergabung di organisasi lain, saya juga punya jabatan srategis di Kadin,” katanya.

Dia menyatakan bahwa siap bersaing dengan pengusaha luar yang masuk di PT Lotte Chemical Indonesia. Para pengusaha Flag juga siap beradu kualitas pekerjaan.

“Kita kan yang tergabung ini pengusaha semua yang punya pengalaman. Kita siap adu kualitas, hight teknologi, tidak ada masalah kita bersaing sehat,” tambahnya.

Sementara itu Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi menyatakan mendukung para pengusaha lokal tersebut. Pihaknya juga siap memfasilitasi.

“Saya mendukung saja. Kan ini minta difasilitasi. Sementara ini kan masih simpang siur terkait pekerjaannya apa sih. Saya diundang saja sama mereka. Kita sebagai pemerintah siap memfasilitasi,” ujarnya. (Man/Red)