Beranda Pendidikan Beres Dibangun, SMP 27 Kota Serang Siap Tampung Ratusan Siswa

Beres Dibangun, SMP 27 Kota Serang Siap Tampung Ratusan Siswa

Ruang SMP 27 Kota Serang

SERANG – Pengembangan gedung sekolah SMP Negeri 27 Kota Serang terus dilakukan oleh Pemkot Serang. Pada akhir 2021, sebanyak lima ruang kelas baru dan dua MCK selesai dibangun oleh Pemkot Serang.

Walikota Serang, Syafrudin, mengatakan bahwa SMP Negeri 27 Kota Serang merupakan Unit Sekolah Baru (USB) yang dibangun di Kelurahan Banjar Agung, Cipocok Jaya, lantaran kebutuhan zonasi. Sebab, tidak ada SMP Negeri bagi pelajar yang berada di wilayah zona itu.

“SMP 27 ini berdiri tahun 2019 kemarin. Pembangunan pertama di 2019 itu lantai bawah, terdiri dari lima kelas,” ujarnya usai meninjau kondisi SMP Negeri 27 setelah pembangunan, Senin (24/1/2022).

Ia menuturkan bahwa untuk pembangunan kedua yakni pada 2021 kemarin, Pemkot Serang menambah lima ruang kelas baru dan dua MCK untuk perempuan dan laki-laki. Menurutnya, hasil pembangunan tersebut cukup memuaskan.

“Keberadaannya saya lihat langsung ini cukup menggembirakan, 100 persen ini sudah terlihat rapi dan bagus. Hanya ada sedikit saja yang kurang rapi, seperti plesterannya dan corannya. Nanti kami perbaiki,” ucapnya.

Menurutnya, pembangunan lima ruang kelas baru dan dua MCK tersebut memakan anggaran hingga Rp1,558 miliar. Penyelesaian pekerjaannya pun menurutnya tepat waktu oleh kontraktor.

“Kontraknya itu sampai 30 Desember 2021, alhamdulillah selesai tanggal 20 Desember. Jadi sebelum waktunya sudah selesai, ini yang diharapkan Pemkot Serang, tidak terlambat. Kasihan juga pengusahanya kalau terlambat, kena denda,” ucapnya.

Ke depannya pun pihaknya akan menganggarkan untuk pematangan lahan, pembangunan lapangan upacara, lahan parkir dan lainnya. Sebab nantinya sekolah itu bakal banyak menampung pelajar yang berasal dari zonasi setempat.

“Saat ini kan muridnya masih sedikit, yang masuk juga masih sedikit karena PPKM level 2. Ini memungkinkan bisa menampung ratusan lebih siswa,” ucapnya.

Kepala Dindikbud Kota Serang, Alpedi, mengatakan bahwa selain SMP Negeri 27, Pemkot Serang pun membangun beberapa Unit Sekolah Baru lainnya, seperti pembangunan gedung SMP di Kecamatan Kasemen.

“Ada beberapa USB yang kami bangun, tahun ini di Kecamatan Kasemen, di Kelurahan Banten. Kami akan siapkan dulu lahannya, baru nanti bangunannya,” ucapnya. (Dhe/Red)