Beranda Peristiwa Berbahaya! Santri Tahfiz Quran Menes Lewati Jembatan Bambu Rusak

Berbahaya! Santri Tahfiz Quran Menes Lewati Jembatan Bambu Rusak

Santri Tahfizd Quran Almapus di Kampung Kacapi Amis, Desa Alaswangi, Kecamatan Menes harus melewati jembatan bambu yang hampir putus saat akan pergi mengaji

PANDEGLANG – Puluhan Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfizd Quran Almapus di Kampung Kacapi Amis, Desa Alaswangi, Kecamatan Menes harus melewati jembatan bambu yang rusak parah ketika akan pergi mengaji.

Pasalnya, jembatan bambu yang melewati aliran sungai Leuwi Panjang dengan panjang sekitar 20 meter yang biasa mereka lewati rusak parah usai diterjang hujan beberapa hari lalu.

Warga Kampung Kacapi Amis, Encep (47) mengatakan, jembatan bambu tersebut dibangun secara swadaya oleh masyarakat empat tahun lalu. Namun jembatan bambu tersebut rusak dan hampir hancur usai diguyur hujan.

“Jembatan tersebut rusak akibat diguyur hujan empat hari yang lalu, sehingga ketika anak-anak santri yang ingin mengaji ke Ponpes Tahfizd Quran Almapus harus bergelantungan, bahkan ada juga yang harus memutar dengan jarak yang lebih jauh lagi,” kata Encep, Senin (12/4/2021).

Kata dia, santri yang mengaji ke Ponpes tersebut bukan hanya warga sekitar melainkan ada juga dari warga di luar kampung Pasir Kacapi seperti Kampung Koranji,Tegal Baros dan Sigotong. Alhasil, para santri tersebut harus mempertaruhkan keselamatan mereka ketika akan pergi mengaji.

“Tentu kami berharap agar dibangun jembatan yang permanen, sebab kalau tidak, bisa membahayakan santri yang sedang menuntut ilmu,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Alas Wangi, Kecamatan Menes, Adi Supriadi mengaku sempat mengajukan anggaran dari Dana Desa namun anggaran tersebut terkena pergeseran anggaran akibat Covid-19.

“Tahun kemaren anggaran desa kena penggeseran Covid-19, ada juga dari alumni ponpes tersebut akan mengajukan ke PU Provinsi, saya sudah tanda tangan, tapi memang sampai sekarang belum ada rencana perbaikan kayanya,” ucapnya.

(Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini