Beranda Kesehatan Berbahaya! Kebiasaan Buruk Ini Jangan Dilakukan Usai Makan

Berbahaya! Kebiasaan Buruk Ini Jangan Dilakukan Usai Makan

287
0
Ilustrasi - foto istimewa soha.vn

Ada kebiasaan buruk yang dilakukan usai makan. Bila kita terlalu kenyang untuk melakukan sesuatu dan umumnya kantuk akan dirasakan. Tapi tidur adalah salah satu hal yang tak boleh dilakukan.

Sebaiknya usai makan kita tidak melakukan kegiatan yang berat, menjaga tubuh tetap tegak bukan tidur atau miring, dan juga tidak menyikat gigi untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah tiga hal yang sebaiknya tak dilakukan usai makan seperti dikutip dari detik.com.

1. Menyikat gigi

Langsung menyikat gigi usai makan adalah ide yang buruk. Alasannya, jika kamu baru saja mengonsumsi sesuatu yang asam, enamel gigi sedang melemah. Sehingga langsung menyikatnya malah bisa merusaknya. Setidaknya tunggu 30 menit setelahnya atau sikatlah gigi sebelumnya dan minum segelas air setelahnya untuk menyingkirkan asam dari mulutmu.

Akan tetapi jika kamu baru saja memakan makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti soda, roti, kukis, dan lain-lain dapat menyebabkan bakteri tertentu terbentuk di dalam mulutmu, menurut MayoClinic. Tipe bakteri ini bisa menyerang enamel gigi, sehingga menyikatnya langsung usai makan makanan tersebut bisa membantu mencegah bakteri ini menumpuk.

2. Tidur

Tidur selepas makan bisa menyebabkan mual dan membuatmu tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Menurut ahli pencernaan di MayoClinic, setidaknya kamu harus menunggu tiga jam setelah makan sebelum tidur karena pencernaan harus dilakukan saat tubuh berada dalam posisi vertikal alias berdiri atau duduk, bukan horizontal alias tidur.

Saat kita makan, makanan tersimpan dalam perut kita seperti penyimpanan sementara. Dan jika kita tidur, kita tak lagi memiliki gravitasi untuk membantu makanan tersebut dan asam lambung turun. Malahan, lebih mudah bagi makanan dan asam lambung kembali ke esofagus dan menyebabkan heartburn.

3. Berolahraga

Sering kita mendengar imbauan untuk tidak berolahraga setelah makan, dan imbauan tersebut memang benar. Karena pencernaan membutuhkan darah untuk berfungsi secara benar, karena bisa menyebabkan sakit perut atau keram otot.

Jika kamu baru saja makan malam, tunggu tiga hingga empat jam sebelum berolahraga (kalau kamu berolahraga malam). Jika kamu baru saja ngemil atau makan kecil, tunggu satu hingga dua jam. Apabila terbatas waktu dan tetap ingin berolahraga, berjalanlah perlahan selama kurang lebih tiga puluh menit bisa membantu dan dianjurkan.

(Red)