Beranda Teknologi Berbagai Fitur Baru Komunitas di Grup Facebook 

Berbagai Fitur Baru Komunitas di Grup Facebook 

Fitur baru grup Facebook

SERANG – Facebook memperkenalkan beberapa fitur baru yang bisa membantu para admin grup membangun komunitas sesuai tujuan yang ingin dicapai, memperkuat budaya grup, dan mengelola serta menunjang grup mereka

Pengalaman baru yang dapat mengumpulkan berbagai Halaman dan Grup di satu tempat, sehingga admin bisa menggunakan saluran komunikasi yang resmi untuk komunitas mereka.

“Kami menggelar Facebook Communities Summit dan mengumumkan berbagai fitur baru di Grup Facebook yang memberdayakan para pemimpin komunitas agar mampu mencapai lebih banyak hal bersama-sama. Seiring dengan komunitas yang terus bertumbuh, kami ingin mempermudah orang-orang untuk saling berkolaborasi dengan berbagai cara baru yang menyenangkan. Kami juga terus berinvestasi pada cara-cara baru untuk menjaga agar grup di atas platform kami tetap aman,” ujar Tom Alison, Head of Facebook App, Minggu (7/11/2021).

Ciptakan Komunitas Sesuai Visi Anda dan Perkuat Budaya Komunitas 

Setiap grup memiliki budayanya masing-masing. Agar tampilan dan suasana grupnya tetap unik, para admin dapat melakukan hal-hal berikut:

Menyesuaikan dengan mudah warna, latar belakang, dan font postingan yang ditampilkan di grup, beserta emoji yang bisa digunakan anggota untuk menanggapi konten.

Menggunakan set fitur untuk memilih serangkaian preset format postingan, lencana, fitur admin, dan lainnya yang bisa diaktifkan untuk grup dengan sekali klik, sehingga komunitas bisa berinteraksi dengan cara yang mereka inginkan.

Memberikan saran untuk penggunaan format yang lebih disukai kepada anggota saat mereka memposting di grup. Ini akan muncul di tombol posting baru yang tetap ada saat anggota menelusuri grup, sehingga mereka pun tidak perlu lagi menggulir kembali ke atas jika ingin memposting.

Membuat salam unik dan membagikan aturan grup yang akan diterima anggota baru secara otomatis saat mereka bergabung ke grup, sehingga rasa kebersamaan mereka bisa lebih cepat terbentuk.

Para anggota juga bisa memberi penghargaan komunitas, seperti Insightful, Uplifting, atau Fun, untuk konten yang mereka anggap bermanfaat. Penghargaan ini mendorong interaksi, membuat konten jadi lebih mudah dilihat anggota, dan membantu mendemonstrasikan konten grup secara optimal.

Mendekatkan Hubungan dan Interaksi Antar Anggota 

Anggota bisa kesulitan menemukan konten yang mereka sukai karena hanya ada satu beranda utama untuk diskusi di dalam grup. Kami sedang menguji fitur bagi admin untuk membuat subgrup di dalam grup berdasarkan topik, wilayah, atau acara tertentu yang bisa dikelola di satu tempat, sehingga para anggota bisa lebih mudah mencari dan menikmati konten yang penting bagi mereka.

Ketika ingin terhubung secara real-time, orang-orang bisa menggunakan Obrolan Komunitas di Facebook dan Messenger, serta membuat acara berulang saat mereka ingin berkumpul secara rutin, baik secara virtual atau tatap muka.

Mengelola Komunitas Anda 

Fitur-fitur baru ini akan mempermudah admin mengelola grup mereka:

Admin bisa menyematkan pengumuman dan memilih urutan kemunculan di bagian Featured di bagian atas grup, untuk memastikan komunitas mereka melihat detail paling penting terlebih dahulu.

Kami memperbarui Bantuan Admin, sehingga admin bisa mendapatkan saran yang dipersonalisasi terkait kriteria yang bisa ditambahkan dan informasi tentang alasan Bantuan Admin menolak konten tertentu. Selain itu, fitur ini sekarang bisa diakses di seluruh platform dan tersedia di Facebook Lite.

Obrolan Komunitas memungkinkan admin membuat obrolan untuk tim admin dan moderator, sehingga mereka bisa mengkoordinasikan keputusan dengan lebih baik secara real-time.

Memelihara Komunitas Anda 

Kami juga memperkenalkan serangkaian fitur untuk membantu admin mempertahankan upaya mereka dan memajukan tujuan grup. Kami menguji kemampuan bagi admin untuk:

Membuat penggalangan dana komunitas untuk menggalang dana bagi proyek grup, membiayai pengelolaan grup, serta memungkinkan anggota memberikan apresiasi mereka kepada admin dan moderator.

Menjual suvenir yang mereka buat melalui toko di grup, sehingga anggota bisa menunjukkan dukungan dan memperkuat rasa kebersamaan mereka.

Membuat subgrup berbayar tempat anggota bisa berlangganan dengan biaya tertentu dan mendapat akses eksklusif ke lebih banyak konten, pengalaman seperti pelatihan atau berjejaring, atau percakapan yang lebih mendalam. Sebagai bagian dari upaya memperluas langganan berbayar di Facebook, fitur baru ini memungkinkan admin menunjang komunitasnya selagi menawarkan lebih banyak pengalaman yang lebih bermakna bagi para anggotanya.

Dengan beragam cara untuk menghasilkan atau menggalang dana lewat grup, admin bisa menggunakan pendekatan yang paling pas untuk komunitas mereka.

Visi Baru untuk Komunitas di Facebook 

Sejumlah komunitas menggunakan grup dan halaman untuk berinteraksi dengan banyak orang. Oleh karena itu, beberapa admin mungkin perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk mengelolanya dan anggota mungkin merasa kebingungan mana yang seharusnya digunakan. Karenanya, kami memperkenalkan pengalaman baru yang menghadirkan pengalaman terbaik dari Halaman dan Grup di satu tempat.

Bagi admin Grup Facebook, pengalaman baru ini memungkinkan mereka menggunakan saluran komunikasi resmi saat berinteraksi dengan komunitas mereka. Bagi admin Halaman Facebook, pengalaman baru ini membantu mereka membangun komunitas di satu tempat yang memungkinkan anggota untuk berpartisipasi dan berinteraksi. Admin Halaman juga bisa memanfaatkan fitur-fitur moderasi yang dimiliki Grup saat ini. Pengalaman baru ini masih dalam tahap pengujian awal hingga tahun depan, sebelum tersedia secara lebih luas.

Selama Facebook Communities Summit hari ini, kami juga merayakan dan memberikan penghargaan terhadap keragaman komunitas di Facebook melalui Community Day perdana ini dan Facebook Community Awards. Simak selengkapnya tentang acara ini dan berbagai fitur baru lainnya di situs web Facebook Community.

(Man/Red)