Beranda Bisnis Berawal dari Peliharaan Pribadi, Kaisar Koi Farm Kini Ekspor Ikan Koi Hingga...

Berawal dari Peliharaan Pribadi, Kaisar Koi Farm Kini Ekspor Ikan Koi Hingga Luar Negeri

Ikan Koi di Kaisar Koi Farm Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Kaisar Koi Farm, bisnis Ikan Koi asal Kota Tangerang kini sukses besar. Skala penjualannya pun tidak hanya di Indonesia, melainkan sudah mencapai tahap ekspor ke berbagai negara, seperti Iran, Malaysia, Thailand dan Singapura.

Owner Kaisar Koi Farm, Ateng menuturkan, bisnis ikan koi yang digelutinya bersama anak-anaknya tersebut telah dimulai sejak 2011 silam. Berawal dari pengalaman pribadi bersama ikan koi peliharaannya dulu, ia meilihat ikan koi menyimpan peluang bisnis yang menggiurkan. Mengingat, ikan koi mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki ikan-ikan hasil budidaya lainnya, yakni daya tahan yang kuat (umur panjang), serta daya jual yang tinggi.

“Perjalanan bisnis ikan koi, Kaisar Koi Farm, ini berawal dari pengalaman pribadi dulu. Karena merasa pernah ditolong, disembuhkan, diberi ketenangan hati dan pikiran, saya sendiri mempunyai ketertarikan lebih terkait budidaya ikan koi. Seiring berjalannya waktu, budidaya yang cukup sukses, mengantarkan saya pada keharusan menjual sebagian hasil budidaya saya sendiri. Dari sanalah, ditambah pengaruh media sosial saat itu, Kaisar Koi Farm secara resmi dibentuk sebagai bisnis ikan koi sampai matang seperti sekarang,” ujar Ateng dalam sebuah keterangan, Jumat (30/6/2023).

Owner Kaisar Koi Farm, Ateng

Kaisar Koi Farm kini menjual ikan koi dari berbagai jenis. Ada yang memang berasal dari jenis ikan koi yang unik dan langka, seperti ikan koi karagoke, sampai ikan koi dari jenis-jenis pada umumnya yang beredar di pasaran, seperti ikan koi kohaku, shanke, showa, shiro, dan sebagainya.

Kesemua ikan koi yang dijual di Kaisar Koi Farm merupakan hasil dari budidaya dan perawatan mandiri, mulai dari pembibitan, pembesaran, sampai pembentukan ikan koi yang matang dijual di pasaran.

“Ikan koi yang dijual Kaisar Koi Farm juga bermacam-macam, seperti berbagai jenis, mulai dari unggulan sampai umumnya kita ada semua. Tidak hanya itu, mulai dari ikan koi yang masih berumur dini sampai yang sudah besar dan matang kita juga sediakan. Terkait harga yang kita patok, sangat variatif tentunya, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung bentuk badan (body) sampai pola yang menghiasi badan si ikan koi tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, bahwa bisnis dan budidaya ikan koi memiliki tantangan yang cukup besar, yakni ketidakpastian cuaca yang terdapat di daerah tropis seperti Indonesia. Meski begitu, bisnis dan budidaya ikan koi di Indonesia cukup mempunyai peluang yang besar untuk terus berkembang lebih besar lagi. Terlebih, pengaruh musim di Indonesia dapat mendukung ikan koi untui terus berkembang biak secara terus menerus tanpa ada batasan waktu tersendiri.

Saat ini, Kaisar Koi Farm dapat dikunjungi di Jalan Taman Bunga II, Blok FC1, No. 3, Komplek Modernland, Kota Tangerang.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini