Beranda Gaya Hidup Berat Badan Tak Turun Meski Sudah Olahraga Beban, Ini Alasannya!

Berat Badan Tak Turun Meski Sudah Olahraga Beban, Ini Alasannya!

88
0
Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

Mengubah pola makan untuk satu-dua hari saja atau berolahraga secara acak tidak akan membuatmu mendapat hasil maksimal.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, kamu harus memahami apa yang terbaik dan dibutuhkan oleh tubuhmu serta bersabar. Sebab, tentunya kamu tak akan bisa menurunkan berat badan hingga belasan kilogram hanya dalam waktu sebulan.

Hal terpenting adalah konsistensi.

Jika kamu memutuskan melakukan olahraga angkat beban untuk menurunkan berat badan, pastikan kamu mengikuti cara olahraga yang tepat.

Sebab, tanpa mengikuti cara yang benar kamu belum tentu bisa menurunkan berat badan meski telah melakukan olahraga beban.

Pertama, pastikan mengatur perencanaan terlebih dahulu. Mulai dari olahraga yang akan dilakukan, alasan olahraga tersebut dilakukan, dan bagaimana kamu akan melakukannya.

Kedua, jika tujuanmu adalah menurunkan berat badan, kamu harus mengangkat beban yang berat secara rutin.

Setiap tubuh berbeda dalam merespons olahraga beban dan berbeda pula dalam hal adaptasi. Namun, disarankan untuk melakukan olahraga beban tiga hingga lima kali seminggu.

Jika kamu masih pemula, mulailah dengan tiga sesi latihan kekuatan perminggu.

Seiring tubuhmu beradaptasi, naikkan frekuensi latihan secara perlahan.

Bagi pemula, hindari pula sesi olahraga yang terlampau melelahkan sehingga otot-otot tubuh merasakan sakit yang berlebihan.

Titik awal yang baik adalah menyusun perencanaan olahraga dan membaginya ke hari-hari tertentu secara spesifik.

Misalnya, latihan kaki dan perut pada hari Senin, dada dan bahu pada hari Selasa, kardio di hari Rabu, punggung dan lengan di hari Kamis, olahraga keseluruhan tubuh pada hari Jumat, yoga pada hari Sabtu, dan Minggu untuk beristirahat.

Jika kamu belum yakin tentang bagaimana memulai program latihan beban agar efektif menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba mengadaptasi pola latihan yang banyak dibagikan di internet.

Selain itu, sebelum memulai latihan beban pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik, tubuh mendapat asupan nutrisi seimbang, hingga istirahat cukup. (Red)

Sumber : kompas.com