Beranda Gaya Hidup Berat Badan Pria Naik Setelah Punya Anak, Begini Penjelasan Pakar

Berat Badan Pria Naik Setelah Punya Anak, Begini Penjelasan Pakar

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Berat badan seorang pria cenderung bertambah begitu memiliki anak. Berdasarkan penelitian Dr. Craig F. Garfield dari University of Northwestern di AS dan diterbitkan dalam American Journal of Men’s Health, mayoritas pria mengalami kenaikan berat badan setelah memiliki anak pertama.

Ada 10.254 pria yang berpartisipasi dalam penelitian ini selama masa remajanya, usia 20-an, dan hingga usia awal 30-an. Penelitian dimulai pada 1994.

Kemudian selama 20 tahun, para ahli melacak berat badan peserta, status perkawinan, dan jumlah bayi yang mereka miliki hingga semuanya berusia 32 tahun pada 2014.

Setelah 20 tahun, para peneliti mengumpulkan dan menganalisa semua informasi. Mereka menemukan bahwa pria bertambah berat badannya secara alami karena metabolisme mereka melambat seiring bertambahnya usia.

Namun para ilmuwan mencatat bahwa pria yang indeks massa tubuh (BMI)-nya meningkat secara drastis, adalah mereka yang menjadi ayah. Seorang ayah bisa menambah lebih dari 4,5 pound atau sekitar 20,4 kg setelah anak pertama mereka lahir.

Sedangkan sisi menarik dari penelitian ini adalah pria tanpa anak cenderung bisa mempertahankan berat badan ideal mereka atau justru kehilangan berat badannya.

Studi ini memang tidak memeriksa secara spesifik mengapa berat badan ayah yang baru memiliki anak akan bertambah. Namun, Dr. Garfield percaya bahwa perubahan gaya hidup dan rutinitas mereka dapat menjadi salah satu alasannya.

“Ketika seorang pria memiliki bayi untuk pertama kalinya, keluarganya akan menjadi prioritas,” ucap Dr. Garfield seperti dikutip dari detik.com.

Tanggung jawab baru bisa mengalihkan perhatiannya dari perawatan diri yang sebelumnya biasa ia lakukan. Transformasi cara hidup dan kebiasaannya mungkin akan sangat berpengaruh dalam pertambahan berat badan.

Contohnya, sebelum memiliki anak ia mungkin sering menghabiskan waktunya untuk pergi ke gym dan makan sehat. Namun setelah memiliki anak ia pasti akan lebih memilih jalan-jalan di taman dan makan es krim atau cokelat bersama anaknya. Hal itu bisa memicu kenaikan berat badan pria yang baru memiliki anak.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini