Beranda Teknologi Berapa Sih Batas Waktu Pakai Headphone yang Aman?

Berapa Sih Batas Waktu Pakai Headphone yang Aman?

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Bagi sebagian orang, headphone sudah menjadi salah satu barang yang wajib dibawa kemanapun. Anda bahkan mungkin melihat setiap orang yang naik kendaraan umum akan menempelkan headphone di telinganya. Berapa batas waktu pakai headphone yang aman?

Barang satu ini memang cocok untuk menemani kemanapun Anda melangkah. Namun perhatikan berapa batas waktu pakai headphone supaya tidak membahayakan kesehatan indra pendengaran Anda.

Berapa batas waktu pakai headphone?

Melansir dari laman Health Harvard, Anda sebaiknya tidak menggunakan headphone lebih dari enam puluh menit atau satu jam setiap harinya.

Selain waktu, volume saat menggunakan headset pun harus diperhatikan. Anda dianjurkan untuk mendengarkan musik melalui headset dengan volume tidak lebih dari 60% volume maksimal.

Batasan menggunakan headphone ini memang sebaiknya dilakukan. Sebab, telinga Anda sebenarnya hanya dibatasi untuk mendengar suara pada 80 dB.

Sementara itu, penggunaan headphone bisa mencapai 120 dB. Di mana pada angka tersebut kerusakan pada telinga menjadi lebih besar. Pasalnya, telinga Anda hanya mampu menahan kekuatan suara 120 dB selama 5–7 menit saja.

Aturan menggunakan headphone supaya tetap aman

Indra pendengaran Anda bisa mudah rusak karena adanya paparan suara musik yang berlebihan dari penggunaan headphone yang terlalu lama.

Sebagai upaya pencegahan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat menggunakan headphone.

Pilih headphone dengan kemampuan meredam suara dari luar sehingga Anda bisa mendengarkan dengan volume yang lebih rendah.

Berilah waktu telinga Anda beristirahat usai menggunakan headphone dalam jangka waktu yang lama. Contohnya saat Anda baru saja mengikuti meeting online.

Bawa penutup telinga saat Anda datang ke sebuah tempat yang banyak dikelilingi suara kencang seperti pabrik atau konser.

Bicarakan pada dokter jika Anda mulai merasakan sesuatu yang mengganggu di telinga Anda.

Apabila Anda merasa telinga mulai berdenging, muncul suara teredam, atau mulai mengalami penurunan kemampuan pendengaran, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.

Demikian informasi mengenai batas waktu pemakaian headphone. Meskipun terasa menyenangkan sampai sering membuat lupa waktu, jangan sampai kebiasaan Anda menggunakan headphone justru membuat Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini