Beranda Peristiwa Berangkat Malam Hari, Pemudik Diimbau Waspadai Kejahatan Jalanan

Berangkat Malam Hari, Pemudik Diimbau Waspadai Kejahatan Jalanan

175
0
Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan

 

CILEGON – Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan mengimbau kepada para pemudik agar selalu waspada terhadap tindak kejahatan di jalanan. Apalagi para pemudik biasanya berangkat menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak saat malam hari.

Guna mengantisipasi tindak kejahatan, pihaknya bakal menyiagakan petugas di setiap titik yang dianggap rawan di jalur mudik menuju Pelabuhan Merak.

“Kita sudah siapkan tenaga-tenaga kita di titik-titik tertentu berdasarkan analisis kita yang memang jadi potensi terutama kejahatan yang dapat mengganggu kegiatan arus mudik curas, copet dan hal lain yang berdampak pada kelancaran arus mudik,” uja Wakapolda, Rabu (15/5/2019).

Dia menjelaskan, Polda Banten mengantisipasi kendaraan dari Jakarta baik dari jalur arteri maupun tol. Pihaknya bakal berupaya maksimal dalam kelancaran mudik 2019.

“Kalau jalan arteri yang masuk wilayah kita dari Tangerang-Cikande, sampe Serang-Cilegon, itu jalur arteri. Kalau untuk di jalan tol itu di km 35-62 itu ada perbaikan, insyaallah nanti sebelum H-5 itu bisa selesai,” terangnya.

Sementara untuk pola dan sistem di jalan Tol Tangerang-Merak pihaknya sudah berkoordinasi dengan jasa marga selaku pengelola.

“Kita juga koordinasi dengan dinas perhubungan dan teman-teman di dermaga Pelabuhan Merak. Sehingga kita tau kapan arus ini akan dialihkan, kapan berlaku normal dan bagaimana pola pengaturan pergerakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di Pelabuhan Merak untuk menuju kapal, ini sudah kita bahas, nanti juga ada rapat terakhir untuk menentukan persiapannya,” paparnya.

Dia menambahkan bahwa pola pergerakan pemudik diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Rata-rata pergerakannya itu dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi, sampai di Pelabuhan Merak ini rata-rata jam 1 malam sampai jam 5 pagi. Jadi pergerakannya sehabis salat taraweh dari beberapa tempat baik Jakarta maupun Tangerang sehingga kita tetap mengimbau karena ini liburnya cukup panjang jadi berangkatnya lebih awal terutama di pagi hari atau siang hari,” jelas.

Demi keamanan, lanjutnya, pemudik juga diharapkan memanfaatkan program mudik gratis atau angkutan umum.

“Cuma pemudik juga pengen menggunakan kendaraan pribadi dari tahun ke tahun seperti itu, kita tidak bisa mencegah,” katanya. (Man/Red)