Beranda Pemerintahan Bentuk SDM Unggul, Warga Pandegalang Diminta Perbanyak Makan Ikan

Bentuk SDM Unggul, Warga Pandegalang Diminta Perbanyak Makan Ikan

155
0
Bupati Pandeglang Irna Narulita saat acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Koroncong, Selasa (10/9/2019). Foto istimewa

PANDEGLANG – Guna mendorong kemajuan Sumberdaya Manusia di Pandeglang, Bupati Irna Narulita mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan setiap hari.

“Pihak kecamatan dan ibu Kader PPK harus terus dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar membudayakan membiasakan makan ikan,” ujar Bupati pada acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Koroncong, Selasa (10/9/2019).

Dikatakan Irna, mengkonsumsi ikan bukan hanya untuk anak -anak saja, tapi ibu hamil juga harus dibiasakan.
Janin dalam kandungan butuh asupan gizi yang cukup sehingga akan membentuk janin yang sehat dan kuat,” katanya.

“Setelah kelahiran, anak harus dikenalkan dengan mengkonsumsi ikan, karena di seribu hari dari kelahiran anak sedang dalam pembentukan kualitas kecerdasan sehingga menjadi SDM yang unggul,” terangnya.

Masih dikatakan Irna, pada ikan banyak sekali kandungan gizi yang dapat dimanfaakan untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan kecerdasan anak karena mengandung OM3.

“Ibu-ibu harus paham perkembangan anak, oleh sebab itu harus mengenalkan pentingnya konsumsi ikan kepada anak agar mereka menyukainya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Irna mengimbau sebagai orangtua harusnya dapat menjaga pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi ikan. Kata dia, hal ini tentu akan mendorong anak akan menyukai ikan.

“Kita harus ingat masa depan anak lebih penting, sehingga kita tidak meninggalkan anak yang lemah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang, Wowon Dirman mengatakan, agar gemar makan ikan menigkat, masyarakat juga harus membiasakan untuk menanam ikan sehingga ikan yang akan dikonsumsi mudah didapat.

“Untuk menanam ikan tidak sulit sekarang, bisa dilakukan di embung, keramba, atau mina padi,” kata Wowon.

Ditambahkan Wowon, idealnya setiap orang harus menkonsumsi ikan 41 kg/perkapita/tahun.

“Sekarang di Pandeglang baru dikisaran angka 28 kg/perkapita/tahun, tentu ini harus terus kita dorong,” tuturnya.

(Red)