Beranda Pendidikan Bentuk Karakter Anak, Guru PAUD di Kabupaten Tangerang Harus Tingkatkan Kompetensi

Bentuk Karakter Anak, Guru PAUD di Kabupaten Tangerang Harus Tingkatkan Kompetensi

Workshop Peningkatan Kompetensi Kreativitas Kepala Sekolah dan guru PAUD Kabupaten Tangerang

KAB.TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menghadiri Workshop Peningkatan Kompetensi Kreativitas Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Gedung Serbaguna (GSG) Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Jumat (24/5/2024).

Dalam sambutanya, Sekda mengatakan, peningkatan kompetensi para guru dan kepala sekolah PAUD penting, terlebih untuk pembentukan karakter anak dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045.

“Peningkatan kompetensi para guru PAUD sangat penting, yang nantinya membentuk karakter anak-anak Indonesia di masa generasi emas 2045,” ungkap Sekda Maesyal Rasyid.

Menurut Sekda, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di mana hampir 70% penduduknya berusia produktif. Untuk itu para guru dan kepala sekolah PAUD harus mampu menyikapinya dengan baik, yaitu dengan terus mengembangkan diri untuk mendidik dan menyiapkan generasi yang produktif, kuat dan tangguh di mata dunia.

“Guru PAUD harus memiliki kompetensi, kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam mengedukasi anak-anak usia dini sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang produktif, kuat dan tangguh di mata dunia” ujarnya.

Sementara itu, Pemerhati Pendidikan Intan Nurul Hikmah, menjelaskan, peningkatan kompetensi merupakan kegiatan rutin Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Tangerang.

“Workshop ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Himpaudi. Intinya, guru PAUD memiliki kompetensi agar anak-anak diajarkan karakter yang baik dan sesuai,” kata Intan.

Menurut dia, kegiatan yang diikuti sekitar 200 guru PAUD dari Kecamatan Pasar Kemis dan Balaraja tersebut bertujuan supaya para tenaga pendidik anak usia dini di Kabupaten Tangerang paham pelaksanaan pembelajaran melalui sistem pendidikan merdeka belajar dan memiliki karakter yang kuat, akhlak mulia, bermoral, toleran, dan saling bergotong royong.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News