Beranda Bisnis Bentuk Bank Sampah, Warga Kampung di Kota Tangerang Ini Hasilkan Cuan

Bentuk Bank Sampah, Warga Kampung di Kota Tangerang Ini Hasilkan Cuan

Warga RT 04, RW 06, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung memilah sampah - foto istimewa

TANGERANG – Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang sangat kreatif. Warga sekitar membuat Bank Sampah yang bermanfaat bagi lingkunga. Selain itu juga bisa menambah pundi-pundi pendapatan.

Ari Purwanto, Ketua RT 04, RW 06, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, yang juga sebagai penggiat bank sampah menuturkan bahwa setiap Sabtu dan Minggu tim bank sampah keliling mengangkut, menimbang dan membayar sampah-sampah pilahan warga.

“Dulu kita mulai dengan sedekah sampah, pendapatannya kita gunakan untuk pengembangan wilayah. Sekarang wilayah sudah cantik bersih, kita ubah jadi bank sampah, warga dapat uang dari pemilahan sampah di rumahnya,” kata Ari dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).

Dia menjelakan, selain mengangkut sampah-sampah rumah tangga warga, Bank Sampah Gemas Implan juga menghadirkan inovasi pengolahan pembakaran sampah tanpa asap yang menghasilkan pupuk cair organik.

“Jadi produksi sampah jadi pupuk cair ini sebagian kita jual sebagian kita gunakan mandiri untuk tanaman-tanaman kampung kami,” jelas Ari.

Tak sampai disitu, Kampung Gemas Implan juga menggerakkan pengepulan minyak jelantah yang selama ini dibuang di got dan mencemari lingkungan.

“Program minyak jelantah kita kerjasama dengan DLH untuk pengangkutan per 10 liter. Hasilnya kita bagikan ke warga yang mengumpulkan minyak jelantah tersebut. Terpenting, aktif, produktif dan lingkungan sehat,” imbuhnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ