Beranda Pemerintahan Bendungan Sindangheula Bisa Kendalikan Banjir di Wilayah Serang

Bendungan Sindangheula Bisa Kendalikan Banjir di Wilayah Serang

Waduk Sindangheula - foto istimewa

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) Bendungan Sindangheula memberikan manfaat untuk mengendalikan banjir di wilayah Kabupaten Serang dan Kota Serang.

Selain itu juga untuk pengairan lahan pertanian wilayah Banten utara. “Serta bahan baku air minum dan air industri di wilayah Serang dan Cilegon,” katanya melalui siaran tertulis, Sabtu (6/3/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa syukur atas selesainya pembangunan Bendungan Sindangheula.

“Alhamdulillah, pada hari ini Bendungan Sindangheula yang dibangun sejak tahun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan,” ungkapnya.

Menurut Presiden, Bendungan Sindangheula akan meningkatkan produktivitas pertanian karena dengan kapasitas air 3,9 juta m3 mampu untuk mengairi areal 1.280 hektar sawah di wilayah Provinsi Banten utara.

“Kita harapkan, bendungan ini memberikan nilai tambah bagi para petani di Provinsi Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup dalam menjaga produktivitas pertanian dan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Masih menurut Presiden, Bendungan Sindangheula mampu menyediakan bahan baku air minum dan air industri dengan kapasitas 0,80 m3 per detik, untuk pengendalian banjir dengan mereduksi hingga 50 m3 per detik, tenaga pembangkit listrik 0,40 MW, serta sebagai lahan konservasi dan tujuan pariwisata.

“Saya minta Pemerintah Daerah dan masyarakat menjaga dan memanfaatkan Bendungan Sindangheula sebaik-baiknya,” pungkasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini