Beranda Peristiwa Air Bendungan Sindangheula Bakal Dimanfaatkan untuk Air Minum

Air Bendungan Sindangheula Bakal Dimanfaatkan untuk Air Minum

Bendungan Sindangheula - foto istimewa

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memperingati Hari Air Dunia (HAD) tahun 2021 di Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang.

Turut hadir Wakil Menteri PUPR Wempi Patio, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasah dan pejabat di jajaran dua Kementrian tersebut.

Tema HAD tahun ini ‘Menghargai Air’ mengajak orang-orang untukn sadar bahwa nilai air lebih dari sekedar harganya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengungkapkan, air dari
Bendungan Sindangheula direncanakan dikembangkan menjadi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional dengan kapasitas 800 liter/detik.

SPAM regional ini akan dikelola oleh Pemerintah Provinsi Banten untuk melayani kebutuhan air bersih di Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

“Ini mengingat Bendungan Sindangheula memberikan manfaat untuk penyediaan air baku untuk wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon sebesar 0,80 m3/detik,” kata Wagub melalui siaran pers, Selasa (23/3/2021).

Bendungan Sindangheula, kata Wagub, juga memiliki fungsi sebagai penyediaan kebutuhan suplai ke daerah irigasi Cibanten dengan luas 1.289 Ha sebesar 0,80 m3/detik.

Berikutnya juga sebagai pengendalian banjir hilir Kabupaten Serang dan Kota Serang dengan kapasitas tampung banjir sebesar 1,5 juta meter kubik, serta menyediakan sarana rekreasi dan tujuan wisata air, konservasi alam dan potensi pembangkit listrik.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ