Beranda Nasional Bendungan Sindang Heula Ditaget Rampung Tahun Ini

Bendungan Sindang Heula Ditaget Rampung Tahun Ini

Ilustrasi - foto istimewa beritasatu.com

SERANG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada 8 bendungan yang akan rampung sampai akhir tahun ini. Kedelapan bendungan tersebut di antaranya bendungan Rotiklot di NTT, bendungan Mila di NTB, bendungan Kuningan di Jawa Barat, bendungan Gondang dan Logung di Jawa Tengah, bendungan Sei Gong di Batam, bendungan Sindang Heula di Banten, dan bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan.

“Bendungan tahun ini ada delapan yang bisa diresmikan,” katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (19/10/2018) dilansir detik.com.

Nilai investasi untuk ke delapan bendungan tersebut mencapai Rp 4,09 triliun. Dengan demikian, maka setidaknya akan ada 18 bendungn yang sudah rampung diselesaikan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga akhir 2018 mendatang.

Kementerian PUPR sendiri menargetkan ada 29 bendungan yang selesai sampai 2019 nanti. Basuki yakin target pemerintah untuk membangun 65 bendungan sampai 2019 nanti juga bakal tercapai.

Bendungan yang belum selesai di 2019 sendiri bukan karena mangkrak. Tetapi memang pembangunannya butuh waktu. Satu buah bendungan sendiri membutuhkan pembangunan 4-5 tahun.

penambahan bendungan dalam jumlah besar memang mendesak. Sebab, dari 7,2 juta ha luas irigasi pertanian di Tanah Air, baru 797.000 ha atau sekitar 11% yang memanfaatkan air tampungan waduk. Sisanya, yakni 6,4 juta hektar, masih memanfaatkan air non-waduk sehingga selalu terancam kekeringan saat musim kemarau tiba.

Dengan tambahan 29 bendungan yang akan rampung hingga 2019 nanti, diharapkan ketersediaan tampungan air bisa meningkat mencapai 14,42 miliar meter kubik. Dengan ketersediaan tampungan air yang memadai, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air irigasi yang akan berdampak besar bagi produksi pangan.

Berikut daftar bendungan yang akan selesai sampai akhir 2018:
1. Kuningan di Jawa Barat, Rp 519 miliar
2. Gondang di Jawa Tengah, Rp 617 miliar
3. Logung di Jawa Tengah, Rp 604 miliar
4. Rotiklot di NTT, Rp 407 miliar
5. Sei Gong di Kepulauan Riau, Rp 252 miliar
6. Sindang Heula di Banten, Rp 496 miliar
7. Mila di NTB, Rp 404 miliar
8. Passeloreng di Sulsel, Rp 800 miliar. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini