Beranda Peristiwa Bendungan Cijambu di Kabupaten Lebak Rusak

Bendungan Cijambu di Kabupaten Lebak Rusak

Kondisi Bendungan Cijambu yang rusak. (Ali/bantennews)

LEBAK – Bendungan Cijambu di Desa Jaya Pura, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, kondisinya sudah rusak parah. Kerusakan ini dikeluhkan petani karena bisa mengganggu penyaluran air ke lahan pertanian mereka.

Ahmad, salah seorang petani mengatakan bahwa  petani yang sawahnya mengandalkan air dari irigasi yang berhulu di Bendungan Cijambu merasa resah dengan kerusakaan bendungan.

“Kerusakannya semakin parah, kini hanya tinggal menunggu jebol saja dan apabila benar-benar jebol maka puluhan hektar pesawahan di desa kami tidak akan bisa digarap lagi untuk bertani,” kata Ahmad, Selasa (30/10/2018).

Ahmad menyatakan, seharusnya sebelum bendungan itu benar-benar jebol hendaknya pihak pemerintah segera tanggap dengan cara melakukan perbaikan.

Sementara Lukman, Kepala Desa Jaya Pura mengakui bahwa Bendungan Cijambu sebagai pemasok air ke lahan pertanian di desanya terancam jebol, hal itu dapat terlihat dari fisik batang utama bendungan yang rusak parah.

“Sebentar lagi akan memasuki musim hujan, dan pastinya bendungan tersebut tidak akan mampu bertahan.”ujarnya.

Ia juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lebak melalui PUPR Bidang Sumber Daya Air untuk segera bertindak melakukan perbaikan bendungan. (Ali/Red)