Beranda Gaya Hidup Trik Sukses dan Hidup Mapan di Usia 30 Tahun

Trik Sukses dan Hidup Mapan di Usia 30 Tahun

133
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Umur 30 tahun adalah dimana sebuah fase seseorang sudah dewasa. Selain sudah memiliki penghasilan dan kehidupan sendiri, kamu sudah cukup mapan untuk berkeluarga.

Buat kamu yang belum berumah tangga, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan hal yang lebih kompleks.

Tentunya, kamu harus mulai memikirkan apa tujuan hidupmu saat mencapai umur 30 tahun. Berikut triknya seperti dikutip dari IDN Times.

1. Buat prioritas pengeluaran

Inilah hal pertama dan tersulit yang harus kamu lakukan. Apakah kamu sadar, seberapa banyak uang yang kamu habiskan untuk keperluan yang tak penting?

Mungkin ini saatnya untuk mulai merenungkan gaya hidup yang sedang kamu jalani. Kemudian, buatlah daftar belanja prioritas pengeluaranmu sesuai kebutuhan.

Hitung setiap kebutuhan dan sesuaikan dengan pendapatanmu. Jangan pernah membeli barang semata-mata hanya hasrat pribadi yang belum tentu kamu butuhkan.

2. Mulai mengatur jenjang karier berikutnya

Di saat umurmu beranjak 30 tahun, kamu akan mulai menghadapi perubahan besar. Kamu akan menikah dan memiliki keturunan yang membutuhkan biaya lebih besar lagi.

Kamu harus mengerti seberapa jauh dapat berkembang dalam pekerjaanmu saat ini. Apakah akan ada jenjang karier yang menjanjikan atau tidak.

Meskipun tidak ada, kamu harus bisa meningkatkan kualitas diri. Misalnya dengan terus menambah keahlian yang dibutuhkan demi kemajuan karier.

3. Siapkan dana darurat dengan baik

Dana ini akan sangat berharga ketika terjadi hal-hal tidak terduga terjadi. Setiap orang pasti memiliki dana darurat yang berbeda-beda.

Besarnya jumlah tergantung pada jumlah pemasukan dan pengeluaran bulanan seseorang. Idealnya, dana darurat itu terbagi dalam tiga macam, yakni:

3 kali pengeluaran bulanan untuk seseorang yang masih lajang

6 kali pengeluaran bulanan untuk pasangan muda (tanpa anak)

12 kali pengeluaran bulanan untuk keluarga yang sudah memiliki anak

Selama sudah bertekad, kamu akan mampu mempunyai dana darurat meski harus mencicil sedikit demi sedikit.

4. Membeli asuransi kesehatan

Sebagian orang merasa hanya membuang-buang uang ketika membeli asuransi, karena merasa telah menjalani gaya hidup sehat. Asuransi kesehatan diperlukan agar biaya kesehatan tidak mengurangi tabungan dan investasimu. Di samping itu, kamu harus jeli merencanakan asuransi kesehatanmu. Jangan terlalu cepat memutuskan sesuatu dengan tergesa-gesa.

5. Membeli rumah dengan cara yang tepat

Sudahkah kamu memiliki impian punya rumah sendiri? Bukan hal yang mustahil memiliki rumah sebelum umur 30 tahun. Mempunyai rumah sendiri dapat menghapus beban biaya bulanan, seperti sewa kost atau kontrakan.

Saat kamu memiliki sejumlah dana yang cukup untuk mengajukan KPR, segeralah rencanakan dengan matang. Jangan tergoda dengan cicilan jangka pendek, hanya karena bunga yang ditawarkan jauh lebih ringan.

Kamu harus tetap menyesuaikan kemampuan finansialmu. Jangan sampai jumlah cicilan yang harus dibayarkan membuat seluruh rencana keuanganmu menjadi berantakan.

6. Jangan pernah berhenti bermimpi

Jangan hanya berfokus pada bagaimana kamu bisa hidup mapan saat beranjak umur 30 tahun saja. Kamu masih bisa mencoba hal baru dan mewujudkan segala impian.

Apapun mimpimu, selama positif, maka lakukanlah! Jangan biarkan mimpi itu mati. Yang perlu diingat, kamu harus mulai berpikir secara dewasa dan bijak. (Red)