Beranda Gaya Hidup Begini Tips Psikolog Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Begini Tips Psikolog Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Mengajarkan tanggung jawab kepada anak bisa jadi salah satu solusi saat bosan bekerja dari rumah.

Psikolog RS Pondok Indah Bintaro Jaya Jane Cindy Linardi, M. Psi, Psi, CGA mengatakan mengajarkan tanggung jawab jadi tugas orang tua, agar anak bisa mengetahui mana yang baik dan yang benar.

“Sama halnya, ketika si kecil sudah dapat bertanggung jawab, artinya ia sudah dapat membedakan mana tindakan yang baik dan kurang baik. Nantinya, ia dapat menentukan keputusannya sendiri dengan lebih bijak,” ujar Jane Cindy Linardi, Sabtu (4/4/2020).

Ia mengatakan mengajarkan tanggung jawab banyak bentuknya dan tidak harus sesuatu yang berat. Tetapi bertanggungjawab terhadap diri sendiri, seperti membereskan bekas mainan yang berserakan usai ia bermain, dan lain sebagainya.

Berikut 3 manfaat mengajarkan tanggung jawab bagi tumbuh kembang anak :

1. Melatih daya juang anak

Karena anak tidak terbiasa dibantu orangtua, sehingga ia memiliki motivasi internal untuk berusaha menyelesaikan segala sesuatu sendiri.

2. Menumbuhkan kemampuan problem solving

Misalnya minuman tumpah, maka penyelesaiannya adalah dengan membersihkan atau mengelap. Contoh lain misalnya, ketika ia menghilangkan mainan milik temannya, maka penyelesaiannya adalah mengganti mainan tersebut.

3. Menumbuhkan efikasi diri (self-efficacy)

Efikasi diri adalah kepercayaan anak akan kapabilitas dirinya untuk melakukan sesuatu, yang akhirnya akan mengarah pada tumbuhnya rasa kepercayaan diri.

(Red)

Berita ini adalah program kemitraan dengan suara.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini