Beranda Ramadan Begini Tips Mudik Jarak Jauh Pakai Mobil Supaya Tak Cepat Pegal

Begini Tips Mudik Jarak Jauh Pakai Mobil Supaya Tak Cepat Pegal

Ilustrasi - foto istimewa fannybostromscuriosities.blogspot.com

Jalur darat dengan menggunakan mobil pribadi salah satu alternatif favorit saat pulang kampung bersama seluruh anggota keluarga.

Hanya saja terkadang kalau melakukan perjalanan jauh dengan mobil, badan rentan pegal-pegal. Kalau sudah pegal, kamu bisa lakukan peregangan ringan agar badan kembali nyaman.

“Regangkan badan, goyangin kaki kan bisa. ini kan hal-hal sederhana. Meregangkan tangan, kaki dan pinggang. Kalau misalnya mobilnya berhenti di rest area bisa melakukan gerakan peregangan dengan meluruskan badan,” kata Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, Kartini Rustandi dilansir detik.com.

Kartini mengatakan dengan menggerakkan badan akan membuat tubuh menjadi tidak kaku apalagi ketika duduk di mobil selama berjam-jam.

“Kalau nyetir mobil dengan postur yang buruk seperti terlalu condong ke depan atau belakang, tentu akan membuat bagian punggung terasa pegal dan sakit,” tambahnya.

Jadi, lalukan peregangan paling tidak selama dua sampai tiga kali dengan menaikkan tangan ke atas, menggerakkan kepala, atau lakukan gerakan streching lainnya.

“Kita menggerakkan tubuh kita, mengolah tubuh kita, supaya tubuh kita tidak kaku. apalagi kalau perjalanan jauh dan mengejar waktu, tubuh juga akan meresponsnya kaku jadi akan terasa capek banget,” lanjutnya.

Untuk itu, ketika melakukan perjalanan jauh dan menggunakan mobil harus rileks duduknya. Selain itu juga harus menjaga agar suasana di dalam mobil tetap nyaman. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini