Beranda Pariwisata Begini Tips Jitu Liburan Murah Meriah Bersama Keluarga

Begini Tips Jitu Liburan Murah Meriah Bersama Keluarga

Ilustrasi - foto istimewa Viva.co.id

Libur akhir tahun sudah di depan mata. Buat kamu yang ingin liburan murah bersama keluarga, ada tipsnya nih.

Salah satu tips jitu adalah jurus modis alias modal diskon. Berikut seperti dilansir detik.com.

1. Rencanakan liburan jauh jauh hari

Tabungan liburan sangat disarankan buat keluarga milenial yang menjadikan traveling sebagai lifestyle. Berapa banyak nominal yang harus ditabung itu tergantung destinasi wisata serta gaya traveling masing-masing keluarga.

Untuk perkiraan budget bisa dibagi menjadi transportasi utama, transportasi sehari-hari, biaya akomodasi, biaya makan, biaya hiburan, dan biaya tak terduga.

Setelah semua cocok tinggal cari tiket, berangkat! Ingat, tiket promo adalah kunci! Beli tiket pas promo itu ibarat surga karena pilihan destinasi lebih beragam dengan harga terjangkau.

Pengalaman penulis terbang pulang pergi dari Jakarta ke Amsterdam hanya Rp 4.9jt/pax. Tiket dibeli 8 bulan sebelum keberangkatan. Thanks to tiket.com atas tiket promonya!

3. Cicil persiapan perjalanan

Setelah tujuan dan budget telah ditentukan, sangat disarankan untuk mencicil satu persatu persiapannya. Contohnya setelah booking pesawat selesai, bulan depan booking hotel, kemudian pesan tiket hiburan dan lainnya.

Jangan sampai terlena karena perjalanan makin lama dan menumpuk to do list persiapan liburan menjelang perjalanan. Selain bisa pusing dengan biaya yang langsung dikeluarkan secara bersamaan, tips ini meminimalisir tingkat kegalauan sebelum perjalanan.

Prinsipnya, beli tiket semakin terburu-buru maka harga semakin naik. Bandingkan online dan offline booking. Traveling modis alias modal diskon adalah salah satu tips jitu liburan keluarga anti bangkrut.

Zaman now banyak promo yang ditawarkan mulai dari potongan harga hingga cashback. Tinggal rajin-rajin mencari info harga terbaiknya. Menurut pengalaman, pemesanan online akan lebih menguntungkan.

4. Pilih akomodasi yang nyaman

Akomodasi yang tepat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Ibaratnya penginapan selama liburan adalah rumah kedua jadi pastikan pilih penginapan yang sesuai dengan style keluarga.

Fasilitas penginapan serta layanan jangan sampai terlewatkan. Jika traveling dengan bayi misalnya ada hotel yang menyediakan baby cot secara gratis berdasarkan request.

Saran lainnya memilih akomodasi di pusat kota, dekat dengan tujuan wisata atau paling tidak tinggal dekat dengan transportasi. Tips ini selain bisa menghemat waktu perjalanan, tentu akan menghemat tenaga yang dikeluarkan untuk mobilisasi sehari-hari.

Sejak punya anak kami biasanya mengambil penginapan kamar tipe apartment atau hotel yang menyediakan kitchenware minimal microwave. Ini salah satu tips untuk menghemat biaya makan.

5. Prinsip investasi memori

Sebagai orang tua pasti akan memikirkan biaya-biaya yang lebih penting dibandingkan biaya liburan. Keluarga harus mempertimbangkan bahwa traveling menjadi salah satu bentuk investasi memori untuk orang tua maupun anak.

Menurut penelitian yang dilakukan Family Holiday Association dan dikutip dari HuffPost U.K., 49% hasil dari survei mengatakan bahwa kenangan bahagia itu tercipta dari liburan keluarga. Liburan keluarga memberikan memori-memori kebahagiaan yang akan dikenang sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, jangan sampai ada perasaan bangkrut karena liburan.

Hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak selama liburan menjadikan pembelajaran terpenting dari sebuah perjalanan. Jadi jangan tunda lagi, rencanakan liburanmu bersama keluarga sekarang dan ciptakan kenangan kebagaiaanmu!

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini