Beranda Gaya Hidup Begini Tips Diet Aman untuk Remaja

Begini Tips Diet Aman untuk Remaja

Iustrasi - Foto istimewa Alodokter.com

CILEGON – Sebagian remaja khususnya para perempuan pasti menginginkan berat badan yang ideal. Segala upaya dilakukan untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Masalah utama ada pada kebiasaan remaja yang tidak memperhatikan pola hidup sehat dan mengkomsumsi makanan yang sembarangan terutama jika di luar rumah.

Berikut beberapa tips diet yang bisa dilakukan di rumah dengan aman dan sehat bagi Remaja,

1. Hindari Makanan tidak Sehat

Makanan-makanan tidak sehat seperti junk food, makanan pedas, makanan yang digoreng, makanan yang berlemak serta minuman-minuman manis dan bersoda kerap menjadi favorit remaja. Hal ini menjadi pemicu utama berat badan sering bertambah karena makanan sembarangan yang tidak terkontrol.

2. Jangan Melewatkan Makan

Banyak yang berpikiran bahwa menahan rasa lapar bisa mengurangi berat badan dengan cepat, namun hal ini sangat salah karena akan menyebabkan makan dengan banyak karena rasa lapar seharian.

Kita bisa memperhatikan porsi makan untuk mengimbangi gizi dan nutrisi tubuh kita dengan tidak melewatkan sarapan dan makan malam.

3. Perbanyak Air Putih

Minum air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh kita karena dapat mengurangi kalori yang berlebih dan mendorong penurunan berat badan yang sehat. Jika kamu pecinta minum-minuman manis dan bersoda bisa mulai menggantinya dengan air putih untuk hasil yang maksimal.

4. Olahraga tipis-tipis

Kegiatan ini menjadi pelengkap diet sehat bagi remaja pada umumnya. Tidak perlu mengikuti kelas Gym atau semacamnya. Cukup lakukan Workout selama 5-10 menit setiap harinya. Dan juga perbanyak aktivitas harian untuk membantu tubuh membakar kalori dengan efisien.

5. Komsumsi Makanan Bergizi

Jika kamu melewatkan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan sumber protein ini merupakan langkah yang salah, karena tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi.

6. Tidur dengan teratur

Tidur merupakan bagian penting yang tidak dapat kita abaikan, tidur dapat membantu menjaga metabolisme dalam tubuh agar tidak terganggu.

Seseorang yang menjalani diet sehat, membutuhkan istirahat malam yang cukup. Idealnya 7 hingga 8 jam setiap hari. Waktu istirahat pada malam hari dipercaya mampu mengikis lemak hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan program diet yang tidak disertai dengan istirahat malam.

Nah itu dia beberapa tips diet yang sehat dan aman bagi Remaja yang bisa dilakukan. Niat dan konsisten juga menjadi hal utama untuk memulai diet agar tidak mudah menyerah begitu saja.

(Tra-mgl/red)