Beranda Uncategorized Begini Tips Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

Begini Tips Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

Banjir di Jalan Baros, Kabupaten Serang - Fotografer Ade Faturohman/BantenNews.co.id

SERANG – Saat ini Indonesia sudah masuk musim penghujan yang mengharuskan kita harus lebih hati-hati terutama dalam menjaga kesehatan serta imunitas di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Intensitas hujan yang tinggi dan berlangsung lama tidak hanya berisiko untuk menyebabkan badan menjadi rentan untuk sakit, , tetapi juga berisiko untuk menyebabkan gangguan pada kendaraan yang kita miliki seperti motor karena adanya genangan air atau banjir.Dalam situasi seperti ini, motor bisasaja mogok seketika apalagi bila pengendara mencoba-coba untuk menerjang banjir. Untuk menghindari motor mogok di musim hujan, simak tips berikut ini  dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance):

Pastikan Air Tidak Merendam Filter Udara

Filter udara pada motor berfungsi menyaring kotoran agar tidak masuk ke mesin. Apabila terendam banjir, filter udara ini bisa rusak dan bisa mengakibatkan motor mogok. Jadi jika ketinggian air melebihi filter, carilah jalan alternatif lainnya. Dan pastikan usai melintasi banjir, ada baiknya segera mengganti filter udara.

Perhatikan Kondisi Busi

Busi bermasalah bisa mengakibatkan motor mogok. Perhatikan kondisi busi usai melintasi hujan. Pastikan bagian dalam kop busi dalam kondisi kering. Lapisi busi dengan grease untuk mencegah air masuk ke pengapian.

Cek Kabel Kelistrikan Hingga Karburator

Untuk menghindari mogok, cek kabel dan kelistrikan hingga karburator dan pastikan dalam keadaan yang baik. Jika sempat terendam air banjir, segera bersihkan karburator dari sisa air dan bawa ke bengkel untuk bisa dilakukan pengecekan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini