Beranda Gaya Hidup Begini Tips Agar Tubuh tidak Drop Setelah Lebaran

Begini Tips Agar Tubuh tidak Drop Setelah Lebaran

60
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Lebaran identik dengan aktivitas mudik atau pulang kampung. Selain itu, juga akan dipenuhi dengan aktivitas lainnya seperti berkunjung ke rumah sanak saudara, masak besar untuk jamuan tamu, serta aktivitas kecil lainnya.

Oleh karena padatnya aktivitas tersebut, tubuh akan mudah drop. Jika tubuh drop, maka perayaan lebaran tidak akan sempurna dan menyenangkan.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah drop setelah lebaran. Berikut seperti dilansir doktersehat.com.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Saat lebaran, akan ada banyak makanan yang terbuat dari olahan daging, seperti rendang, opor ayan, rawon, dan masih banyak lainnya. Makanan tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan, karena mengandung kalori tinggi serta lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu ada banyak juga makanan yang mengandung gula secara berlebihan,misalnya kue kering dan makanan ringan lainnya, yang tentu saja bisa memicu risiko penyakit berbaya seperti diabetes dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kurangilah konsumsi jenis makanan tersebut dan perbanyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat vitamin, lemak, mineral dan serat yanh penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Jangan Lupa Olahraga

Meskipun aktivitas saat menjelang lebaran cukup padat, lantas membuat Anda lupa dan malas untuk melakukan olahraga. Sebab, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika waktu yang dimiliki cukup singkat dan tidak memungkinkan untuk berolahraga berat, cobalah untuk melakukan olahraga ringan saja, seperti bersepeda, jogging di pagi hari, dan olahraga menyenangkan lainnya.

3. Tidur yang Cukup

Jangan lupa meluangkan waktu untuk beristirahat. Aktivitas yang padat di siang hari, membuat tubuh Anda memerlukan waktu yang cukup untuk istirahat di malam hari. Istirahat tersebut membantu Anda mengembalikan energi yanh terkuras dan membantu penyembuhan dan perbaikan jantung, serta pembuluh darah Anda. Sehingga, hormon Anda tetap seimbang dan kekebalan tubuh tetap terjaga. (Red)