Beranda Kesehatan Begini Tips Agar Tehindar dari Kepikunan

Begini Tips Agar Tehindar dari Kepikunan

Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

Pikun, Pelupa dan demensia identik dengan penuaan. Lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia mengalami kondisi ini. Jumlah tak berhenti di situ tapi makin bertambah.

Tidak seorang pun ingin memori mereka memburuk. Untuk menjaga otak dalam kondisi baik hingga masa tua, ada kebiasaan yang bisa kamu lakukan.

Tiga langkah ini bisa membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko terkena demensia serta penyakit otak lainnya.

1. Tetap aktif secara fisik

Riset membuktikan bahwa olahraga tidak hanya baik untuk tubuh namun juga baik untuk otak. Walaupun hanya rutin berjalan kaki selama 20 menit. Olahraga Latihan membuat otak lebih sehat karena dapat meningkatkan neuron baru dan koneksi sinaptik di otak, terutama di hippocampus. Hippocampus merupakan bagian penting karena itu adalah area pusat otak untuk belajar dan mengingat.

Mark Albers, asisten profesor neurologi di MassGeneral Institute for Neurodegenerative Disease, merekomendasikan untuk mengganti treadmill dengan berjalan kaki di luar.

” Di samping latihan aerobik, berlari, berjalan dan berenang, Anda harus memasukkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas Anda juga” ujar Ronald Petersen, seorang dokterdan direktur Pusat Penelitian Penyakit Alzheimer Mayo Clinic, dikutip dari Huffingtonpost.

2. Biarkan otak tetap bekerja

Setiap manusia pasti tidak ingin melupakan memorinya selama hidup. Cara paling tepat untuk menjaga memori adalah dengan memelihara hubungan sosial dan terlibat dalam kegiatan intelektual.

Misalnya ikut klub buku, masuk komunitas yang terkait dengan hobi. Rutin membaca dan berinteraksi dengan kerabat juga penting dilakukan.

“Saya menasihati pasien saya untuk terlibat dalam kegiatan yang melibatkan emosi. Seperti mencoba menanam tanaman baru satu atau dua tanaman setiap tahun,” ujar Albers.

3. Makan makanan sehat

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan sehat, baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk otak. Konsumsi makanan seperti ikan, buah, sayuran segar, biji-bijian, minyak zaitun, kacang-kacangan dan jenis lemak sehat lainnya, serta mengurangi daging dan produk susu.

“Cara makan ini berkorelasi dengan memori dan hasil kognitif yang lebih baik dari waktu ke waktu” kata Albers. (Red)

Sumber : dream.co.id