Beranda Gaya Hidup Begini Tanda Kamu Butuh Waktu untuk Diri Sendiri

Begini Tanda Kamu Butuh Waktu untuk Diri Sendiri

80
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Meluangkan waktu untuk diri sendiri, bepergian, menjalani hobi, atau sekadar diam sendirian di satu tempat adalah penting dan jangan sampai kamu lupakan.

“Sebenarnya ini adalah proses yang sangat penting untuk memberi waktu dan ruang pada diri kita sendiri untuk bebas, mengerjakan sesuatu, atau hanya memutuskan diri kita dari segala sesuatu di sekitar kita supaya bisa benar-benar bersantai dan menjadi terpusat (pada diri sendiri),” ujar Psikolog Dr Nikki Martinez, seperti dikutip dari detik.com.

Adakah tanda-tanda ini kamu temui pada dirimu belakangan ini? Kalau ada satu atau lebih, sudah saatnya ambil cutiuntuk berlibur dan menikmati harimu. Sendiri.

1. Sudah malas cek HP

Kebanyakan orang terpusat pada handphone mereka masing-masing. Tapi ketika kamu butuh waktu sendiri, kamu merasa malas untuk buka hp. Bahkan mendengar getaran pada hp atau notifikasi lainnya kamu merasa terganggu.

Tidak menjawab telepon bahkan ketika kamu sebenarnya sedang luang bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu sedikit waktu untuk diri sendiri menurut penjelasan penasihat klinis Paula Anderson.

2. Jengah dengan orang-orang

Apa pernah kamu merasa jengah dengan orang-orang sekitarmu? Bisa jadi kamu mengalami ‘human hangover’. Kasihani tubuhmu sendiri. Ketika tubuh terbiasa untuk memaksakan diri terpapar dengan hal-hal yang menjengkelkan dan menyimpannya sendiri, perasaan lelah akan menghampiri dan emosi tak terkendali.

3. Marah melulu

Kalau kamu bawaannya ingin marah tanpa tahu sebabnya mungkin karena kamu butuh sendiri. Mereka sebenarnya tidak melakukan hal yang salah jadi sasarannya dan kamu merasa mereka tidak pantas diperlakukan seperti itu, tapi ‘kekasaran’ itu terjadi begitu saja.

“Ini karena kamu butuh waktu sendiri — dan kamu tidak mampu mendapatkan waktu sendiri– jadinya kena ke mereka,” kata Martinez.

4. Capek terus

Jika kamu sudah tidur delapan jam penuh, tetapi masih merasa lelah, itu mungkin pertanda kamu perlu waktu untuk diri sendiri.

“Seperti halnya sakit, tubuh kita akan bereaksi ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita butuhkan,” ujar pelatih kehidupan Laura Powers.

“Tidur benar-benar waktu sendirian, jadi mengantuk atau lelah dapat memaksa kita untuk mendapatkan lebih banyak waktu sendirian dengan cara yang paling sederhana.”

5. Lebih mudah menangis

Tidak apa-apa untuk menangis, tapi bila kamu terus menangis dan lebih mudah menangis belakangan ini, coba evaluasi penyebabnya. Apakah karena kamu terlalu lelah dan butuh waktu menikmati kesunyian?

“Ketika kita tidak mendapatkan waktu sendirian untuk diri kita sendiri … emosi kita lepas kendali …yang tampaknya pun tak ada alasan khusus mengapa itu terjadi,” tutur Martinez. (Red)