Beranda Olahraga Begini Skenario Timnas U-23 Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23

Begini Skenario Timnas U-23 Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23

Pemain Timnas Indonesia U-23 di Ajang Piala Asia U-23 2024 - Foto detik.com

QATAR – Peluang Tim Nasional (Timnas) U-23 Indonesia untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 terbuka lebar.

Gol tunggal Komang Teguh membuat skuad Garuda Muda mengalahkan Australia pada pertandingan kedua Grup A, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024).

Kemenangan tersebut membuat Timnas U-23 Indonesia kini menempati posisi kedua klasemen grup. Anak asuh Shin Tae-yong mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan yang dimainkan atau unggul dua poin dari Yordania dan Australia.

Qatar menjadi pemuncak klasemen dengan raihan enam poin dan sudah memastikan diri ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Tinggal tersisa satu tim lagi yang diperebutkan Timnas U-23 Indonesia, Australia, dan Yordania untuk menemani Qatar ke babak gugur.

Ada beberapa poin penentuan tiebreaker jika ada dua atau lebih tim yang punya poin sama pada akhir fase grup. Mulai dari head to head, selisih gol, jumlah gol yang dicetak, adu penalti jika dua tim yang poinnya sama bertanding di laga terakhir, poin kedisiplinan dan undian.

Pada pertandingan terakhir grup, Timnas U-23 Indonesia berhadapan dengan Yordania, sementara Qatar melawan Australia. Kedua pertandingan tersebut dimainkan secara bersamaan pada 21 April 2024.

Berikut skenario Timnas U-23 Indonesia lolos perempat final Piala Asia U-23 2024:

Menang

Indonesia dipastikan ke perempat final jika mengalahkan Yordania. Tambahan tiga poin dari pertandingan tersebut membuat posisi skuad Garuda Muda sebagai runner-up tidak tergoyahkan dengan mengemas enam angka.

Kemenangan atas Yordania juga membuat Indonesia tidak perlu menggantung nasib dari hasil pertandingan Qatar lawan Australia.

Imbang

Jika pertandingan melawan Yordania berakhir imbang, Indonesia tetap lolos ke perempat final. Poin skuad Garuda Muda menjadi empat dari tiga pertandingan.

Indonesia tetap lolos meski pada pertandingan lainnya Australia berhasil mengalahkan Qatar dengan skor berapa pun. Situasi ini karena skuad Garuda Muda unggul head to head atas Australia.

(Red/kitagaruda.id)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News