Beranda Pemerintahan Begini Program Mitigasi Perubahan Iklim di Kota Tangerang

Begini Program Mitigasi Perubahan Iklim di Kota Tangerang

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau lokasi banjir. (IST)

TANGERANG – Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, didaulat menjadi salah satu narasumber dalam acara Webinar Nasional Mitigasi Perubahan Iklim Dalam Mewujudkan Resiliensi Kesehatan Masyarakat di Era Indonesia Emas 2045.

Arief menjabarkan sejumlah  upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim, mulai dari pemberian jaminan kesehatan bagi warga, pelayanan kesehatan hingga upaya peningkatan kualitas lingkungan tempat tinggal.

“Untuk kesehatan, dicover dengan program Jaminan Pengobatan Kesehatan Gratis (Jabat Sehat), Cageur Jasa yang memberikan pelayanan kesehatan ke rumah,” beber walikota dalam webinar yang diselenggarakan oleh Universitas MH Thamrin, Sabtu (29/7/2023).

“Program Kampung Proklim juga menjadi perhatian, di mana masyarakat secara bahu-membahu memperbaiki lingkungan tempat tinggalnya dengan penghijauan dan pengurangan sampah dari sumber,” imbuh Arief dalam keterangannya.

Lebih lanjut, walikota, mengungkapkan, di Kota Tangerang telah terbentuk sebanyak 412 kampung Proklim yang di dalamnya telah menerapkan program pengelolaan sampah, pemanfaatan lahan dengan membentuk KWT, edukasi pengelolaan sampah Reduce, Reuse, Recycle (3R) yang juga turut dilengkapi dengan terbentuknya bank sampah.

“Untuk bank sampah terbentuk sebanyak 75 unit, dengan jumlah KWT sebanyak 144 kelompok di 13 kecamatan,” jabar Arief.

Sebagai informasi, selain Wali Kota Tangerang, dalam webinar tersebut juga turut menghadirkan sejumlah narasumber lain yang berasal dari akademisi dan juga perwakilan Kementerian Kesehatan.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini