Beranda Kesehatan Begini Peringatan Tubuh Saat Kamu Kurang Tidur

Begini Peringatan Tubuh Saat Kamu Kurang Tidur

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Beberapa orang kurang bisa menyiasati waktu untuk beristirahat, padahal kamu bisa mengaturnya dengan tidur lebih awal dan memastikan kamu sudah tidur selama 6-7 jam.

Ketika kamu menemukan lima tanda di dirimu, mungkin kamu kurang tidur selama bulan puasa. Evaluasi lagi, jangan sampai kamu malah kelelahan dan jatuh sakit.

1. Mudah lapar

Kurang tidur memicu pelepasan hormon ghrelin atau dikenal sebagai hormon rasa lapar. Ketika kamu kurang tidur, kamu menjadi mudah lapar dan cenderung mudah makan dengan banyak juga. Pantas aja perut sudah keroncongan terus pagi-pagi usai sahur.

2. Mudah lupa

Sedikit-sedikit lupa taruh kunci motor di mana, padahal imsak sebentar lagi eh galon air habis. Alamak, harus gimana ini?! Karena kurang tidur kamu jadi mudah lupa loh, makanya tidur. Ya jangan sekarang tapi, itu galonnya diisi dulu biar bisa minum sebelum azan subuh berkumandang.

3. Ceroboh

Kurang tidur berdampak pada kemampuan motorik juga. Kamu bisa lebih sering menjatuhkan sesuatu dari genggaman semisal gelas. Awas, jangan sampai pecahan gelasnya terkena dirimu.

4. Bete-bete ah

Kurang tidur juga menyebabkan emosi yang tidak terkontrol. Kamu bisa jadi gampang tersinggung, uring-uringan dan gelisah. Pokoknya senggol dikit, kamu jadi Hulk.

5. Kulit kusam

Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih optimal pada orang-orang yang kebutuhan tidurnya tercukupi. Pemulihan kulit orang yang tidurnya cukup lebih baik 30 persen dari mereka yang tidak. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini