Beranda Kesehatan Cara Supaya Tidak Mudah Digigit Nyamuk Saat Tidur

Cara Supaya Tidak Mudah Digigit Nyamuk Saat Tidur

216
0
Ilustrasi - foto istimewa ohayo.co.id

Nyamuk adalah serangga yang menjengkelkan. Bagaimana tidak, nyamuk seringkali menggigit tubuh kita, khususnya saat sedang tidur malam. Tak hanya bisa memicu bentol-bentol pada kulit, kulit juga bisa merasa gatal-gatal atau bahkan bisa membuat kita terkena penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

Bagi sebagian orang, nyamuk juga bisa menurunkan kualitas tidur, apalagi jika nyamuk kerap terbang di sekitar telinga. Alasan ini membuat banyak orang yang memakai obat nyamuk atau lotion anti nyamuk.

Sayangnya, produk-produk ini seringkali terbuat dari bahan kimia yang belum tentu aman bagi kesehatan sehingga ada baiknya kita mencari cara lain agar bisa mencegah datangnya gigitan nyamuk saat tidur.

Baca Juga :
loading...

Cara pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan memakai pakaian berwarna terang saat tidur. Meski terlihat sepele, nyamuk ternyata cenderung lebih menyukai pakaian dengan warna gelap. Selain itu, ada baiknya kita memilih baju dan celana panjang.

Hal lain yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan tidak menggunakan produk pewangi seperti parfum, deodoran, atau losion tertentu di malam hari. Dalam banyak kasus, produk-produk beraroma ini justru bisa membuat nyamuk lebih tertarik untuk menggigit tubuh kita.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk menggunakan minyak esensial yang terbuat dari lemon eucalyptus yang lebih aman untuk digunakan dan bisa membantu kita untuk tidur dengan lebih nyenyak karena aromanya yang menenangkan pikiran.

Hal lain yang perlu kita perhatikan agar tidak mudah digigit nyamuk saat tidur adalah dengan tidak membiarkan gantungan baju dipenuhi oleh pakaian karena hal ini bisa menjadi sarang nyamuk. Jika memang pakaian sudah tak lagi dipakai, alangkah lebih baik jika baju-baju yang digantung ini ditempatkan di pencucian saja. (Red)

Sumber : doktersehat.com

loading...